Moms, Begini Cara Menjauhkan Anak dari Bahaya Narkoba Sesuai Saran BNN

Reporter: Ana Risma
Sabtu, 03 Desember 2022 | 13:10 WIB
Moms, Begini Cara Menjauhkan Anak dari Bahaya Narkoba Sesuai Saran BNN


MOMSMONEY.ID - Orang tua wajib tahu, ini 8 cara menjauhkan anak dari bahaya narkoba.

Angka pemakaian dan penyalahgunaan narkoba di Indonesia terlebih di kalangan remaja sudah sangat mengkhawatirkan. Bahkan, angka ini terus bertambah semakin berjalannya waktu.

Untuk melindungi anak dari paparan narkoba, peran orang tua dan keluarga amat sangat dibutuhkan.

Sebagai panduan, berikut 8 cara menjauhkan anak dari bahaya narkoba sebagaimana disarankan oleh Badan Narkotika Nasional atau BNN:

Baca Juga: Inspirasi Nama Bayi Laki-Laki dari Bahasa Jepang Beserta Artinya, Dijamin Keren

1. Komunikasikan tentang bahaya narkoba

Cara pertama yang bisa orang tua lakukan untuk menjauhkan anak dari bahaya narkoba yaitu mengomunikasikan tentang bahaya narkoba itu sendiri.

Jelaskan kepada anak tentang bahaya narkoba bagi kesehatan tubuh, psikologis, dan masa depan mereka.

Pastikan untuk melakukannya sedari dini dan berikan contoh yang relevan supaya anak yakin bahwa narkoba benar-benar berbahaya sehingga harus dijauhi.

2. Contohkan kebiasaan baik

Orang tua harus menjadi role model yang baik jika ingin sang anak menjadi pribadi yang baik.

Ingat, apa yang orang tua lakukan, kemungkinan besar anak akan menirunya.

Jadi, apabila Anda tidak mau anak Anda merokok, mengonsumsi alkohol, atau menggunakan narkoba, pastikan Anda menjauhi kebiasaan-kebiasaan itu terlebih dahulu. Sebaliknya, selalu terapkan kebiasaan positif supaya anak menirunya.

3. Fokus pada hal positif

Diskusikan bersama buah hati Anda tentang bagaimana cara mengambil keputusan yang bertanggungjawab tanpa terpengaruh perilaku teman sebaya. Ini bermanfaat untuk membentuk ketegasan pada diri anak agar tidak mudah terjerumus saat seseorang menawarinya hal-hal negatif termasuk narkoba.

Jangan lupa juga untuk memuji sekecil apapun pencapaian anak guna membangun self-esteem atau harga diri mereka. Namun, pastikan pujian yang Anda berikan realistis, tulus, dan tidak berlebihan ya Moms.

Biarkan anak Anda terlibat dalam kegiatan positif seperti olahraga, seni, atau kegiatan lain yang mereka sukai. Anda juga harus meluangkan waktu bersama anak untuk sekadar mengobrol tentang kegiatan sehari-hari mereka.

4. Buat peraturan yang tegas di rumah

Melarang setiap anggota keluarga untuk menggunakan narkoba, merokok, atau minum alkohol harus menjadi peraturan yang diterapkan di rumah. Peraturan ini harus dibuat secara spesifik, konsisten, dan masuk akal.

Setelah peraturan dibuat, jelaskan kepada setiap anggota keluarga perihal konsekuensi yang harus ditanggung jika mereka melanggar peraturan. Jelaskan secara detail tentang jenis hukuman, pelaksanaan, serta tujuan dari hukuman tersebut.

Plus, jelaskan juga khususnya kepada anak bahwa aturan yang sudah dibuat bersifat tetap serta berlaku di mana saja dan kapan saja.

Baca Juga: Inspirasi Nama Bayi Perempuan dari Bahasa Jepang yang Cantik dan Manis

5. Jaga keharmonisan keluarga

Salah satu faktor penyebab penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja yang paling sering terjadi adalah keluarga yang tidak harmonis. Oleh sebab itu, ciptakanlah hubungan keluarga yang harmonis dan penuh kasih sayang apabila Anda tidak mau anak terjebak dalam dunia kelam narkoba.

Dengan memiliki keluarga yang harmonis, anak akan merasa bahwa mereka tidak perlu lagi mencari kebahagiaan di luar rumah.

Pasalnya, anak sudah mendapatkan kasih sayang dan kebahagiaan yang melimpah dari keluarga serta merasakan suasana yang menyenangkan di rumah.

6. Jalin ikatan emosional

Anak-anak dengan masalah kesehatan mental atau mengalami kesulitan mengelola emosi berisiko tinggi menjadi pengguna narkoba dan peminum alkohol. Nah, untuk membantu membendung masalah penyalahgunaan obat pada anak, dukungan emosional dari keluarga sejak dini sangat diperlukan.

Usahakan untuk rutin makan malam bersama keluarga. Menurut para ahli di Columbia University, anak-anak yang memiliki kesempatan untuk makan malam bersama keluarga cenderung tidak terjerumus dalam penggunaan obat-obatan atau alkohol.

Disarankan juga untuk mengajak anak berbincang-bincang sebelum tidur. Intinya, selalu jalin komunikasi yang baik dengan anak-anak Anda agar mereka tidak merasa diabaikan.

7. Tanamkan nilai agama

Hal penting lainnya yang harus orang tua lakukan sedari dini adalah mengajarkan anak tentang nilai-nilai agama. Karena, ajaran agama mencakup semua nilai moral dan etika dalam kehidupan.

Dengan memahami nilai-nilai agama sejak dini, anak akan terhindar dari arus modernisasi yang memiliki pengaruh negatif tidak terkecuali penyalahgunaan narkoba.

8. Tindak dengan cepat

Jika Anda curiga bahwa anak telah menggunakan obat-obatan terlarang, segera tindak lanjuti.

Menurut beberapa penelitian, orang yang mencoba narkoba pada usia lebih muda berisiko lebih besar untuk menjadi seorang pecandu.

Jadi, coba selidiki kebenarannya tatkala Anda mencurigai anak menggunakan narkoba. Apabila terbukti benar, lakukan sesuatu agar anak segera berhenti menggunakan narkoba, misalnya, dengan mengajak mereka melakukan rehabilitasi.

Demikian 8 cara menjauhkan anak dari bahaya narkoba. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktikkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER