Keluarga

Moms, Begini Cara Menanam Kunyit di Rumah biar Tumbuh Subur

Moms, Begini Cara Menanam Kunyit di Rumah biar Tumbuh Subur

MOMSMONEY.ID - Salah satu rempah-rempah yang wajib ada di dapur adalah kunyit. Cara menanam kunyit di rumah mudah dilakukan, lo.

Kunyit menjadi bahan umum di banyak masakan India dan Timur Tengah. Di Indonesia, kunyit bisa dijadikan sebagai jamu tradisional. 

Mengutip luv2garden, seluruh tanaman kunyit bisa dimakan. Akarnya bisa direbus seperti kentang tetapi paling sering dikeringkan dan digiling untuk menghasilkan bubuk kunyit.

Daunnya digunakan sebagai pembungkus unggas dan ikan kukus, dan bunganya digunakan sebagai sayuran dalam salad.

Baca Juga: Intip Cara Menanam Buncis di Pot, Bisa Panen dengan Mudah

Tak hanya itu, kunyit juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab, rempah-rempah ini memiliki sifat anti-oksidan serta kualitas anti-inflamasi dan anti-karsinogenik dari beberapa senyawa yang ditemukan di dalamnya.

Oleh karena itu, menanam kunyit di rumah akan memberikan banyak manfaat. 

Nah, berikut ini cara menanam kunyit di rumah agar tumbuh subur. 

Kunyit tidak menghasilkan benih yang layak, ia berkembang biak melalui rimpang dan akar.

Cara terbaik untuk mendapatkan akar kunyit untuk perbanyakan adalah dari toko kelontong yang menjualnya sebagai produk yang dapat dimakan. 

Pastikan untuk membeli beberapa, karena banyak yang tidak akan bertunas. Dan, cobalah untuk mendapatkan yang terlihat paling sehat. 

Akar kunyit yang lebih besar akan memiliki banyak cabang dan pucuk yang dapat dipisahkan dan ditanam untuk memulai banyak tanaman.

Baca Juga: Untung Banyak, Begini Cara Menanam Jalapeno dalam Pot di Rumah

Setelah Anda mendapatkan akar atau rimpang kunyit, tanam saja di tanah pot yang gembur, sebaiknya diubah dengan vermikulit.

Setiap simpul, kenop dan kuncup pada akar atau rimpang harus ditanam menghadap ke atas.

Cara menanam kunyit di rumah yang terbaik adalah memulainya dalam wadah yang sesuai, kecuali jika Anda cukup beruntung untuk tinggal di zona beriklim sangat hangat dalam hal ini mereka dapat dimulai langsung di tanah.

Hindari sinar Matahari penuh terutama di daerah cerah yang hangat. Lokasi terbaik adalah di tempat teduh.

Baca Juga: 5 Tips Menanam Tomat dalam Pot biar Berbuah Lebat dan Segar

Siram sedikit setiap hari, kunyit membutuhkan kelembapan, tapi jangan terlalu jenuh dengan tanah, jaga agar tetap lembab.

Selain itu, jangan melakukan pemupukan berlebihan, pemupukan ringan dan jarang atau Anda dapat merusak akar dan atau tanaman.

Nah, itulah cara menanam kunyit di rumah agar tumbuh subur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News