BisnisYuk

Modus Penipuan yang Perlu Diwaspadai Mitra GoFood

Modus Penipuan yang Perlu Diwaspadai Mitra GoFood

MOMSMONEY.ID - Moms kini secara aktif mengelola usaha di GoFood? Aplikasi pemesanan makanan ini memang sangat membantu bagi bisnis makanan untuk menggapai konsumen. Apalagi kini para pemesan makanan sudah sangat tergantung dengan aplikasi-aplikasi ini. 

Namun, jika Moms baru saja mendaftarkan toko di GoFood sering kali ada modus penipuan yang meneror. Penipu ini mengatasnamakan pihak GoFood dan memberikan banyak iming-iming kepada Anda. Namun biasanya mereka akan meminta pembayaran terlebih dahulu. 

Baca Juga: Promo AW Weekend Deals 30 September-2 Oktober 2022, Beli 6 Ayam Gratis 2 Burger

Supaya Anda tidak terjebak, pihak GoFood telah membeberkan beberapa modus penipuan Mitra GoFood!

Meminta transfer uang untuk mempercepat verifikasi usaha

Penipu ini biasanya akan menelpon nomor yang terdaftar di mitra gofood kemudian memberitahu bahwa toko Anda belum terverifikasi. Untuk mempercepat proses verifikasi, mereka akan mengatakan perlu adanya tambahan biaya administrasi. 

Syarat pencairan dana

Melalui telepon, penipu akan melakukan berbagai cara untuk menembus data pribadi dan akun mitra GoFood. Salah satunya dengan memberikan alasan syarat pencairan dana. Biasanya mereka memberitahu bahwa akan ada kode OTP masuk melalui SMS, dan Moms akan diminta membacanya. Jika Moms tidak membacanya maka Anda akan ditakut-takuti dana yang ada di GoBiz tidak bisa dicairkan. 

Pembaruan akun GoBiz

Mitra GoFood pasti tak asing dengan aplikasi GoBiz. Ini adalah aplikasi bagi mitra gofood untuk menjalankan bisnisnya seperti update stock hingga data-data pribadi. Nah biasanya penipu akan berusaha mengambilalih akun ini dengan cara mengirimkan link formulir dan meminta Anda mengisi nomor kartu ATM dan data sensitif lainnya. 

Memaksa membawa pulang perangkat GoBiz+ (SPOTS) dan bagi-bagi spanduk

Modus penipuan kali ini tak hanya lagi lewat telepon. Pihak penipu akan mendatangi toko Anda dan memaksa membawa pulang perangkat yang sudah terhubung dengan akun Anda. Alasannya untuk update software. Mereka juga akan membagikan spanduk namun Anda diminta membayar. 

Baca Juga: Gencarkan Sosialisasi Kenaikan Tarif Gojek Optimalkan Dukungan bagi Mitra Driver

Nah itu tadi modus penipuan yang perlu diwaspadai mitra gofood. Gojek Indonesia kembali mengingatkan Anda untuk melakukan JAGA. Jangan transfer uang ke siapa pun, Amankan data usaha dan data pribadi, Gunakan fitur kelola pegawai di GoBiz dan Adukan hal yang mencurigakan lewat menu bantuan di GoBiz. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News