Bugar

Mitos atau Fakta? Posisi Tidur Juga Berpengaruh untuk Kesehatan

Mitos atau Fakta? Posisi Tidur Juga Berpengaruh untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Posisi tidur yang nyaman memang bebas dipilih. Namun, terkadang saat orang sudah mengalami kelelahan yang luar biasa, dia akan langsung tidur dan tidak mempedulikan posisi tidurnya. 

Kelelahan beraktivitas seharian memang harus diimbangi dengan tidur yang berkualitas. Ada beragam posisi tidur yang biasa dilakukan semua orang.

Antara lain telentang, miring ke kiri atau ke kanan, dan tengkurap. Terlepas dari selera masing-masing orang, ternyata posisi tidur juga pengaruhi kesehatan. Intip faktanya!  

Dilansir dari Sleep Doctor, tidur dengan posisi miring ke kiri dapat mengurangi gejala asam lambung naik, terutama di malam hari. Nah, buat Anda penderita asam lambung, Anda bisa mempraktikannya supaya asam lambung kamu tidak mudah kambuh.  

Baca Juga: Ingin Menjaga Kesehatan Tulang? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Bukan hanya tidur miring ke kiri yang punya manfaat, tapi tidur menghadap kanan juga punya manfaatnya sendiri. Tidur miring ke kanan dapat menurunkan aktivitas sistem saraf, sehingga detak jantung dan tekanan darah bisa menurun, dikutip dari Medical News Today.

Namun, tidur miring ke kanan sebaiknya dihindari oleh orang-orang yang memiliki gangguan gagal jantung. Selain tidur miring, tidur dengan posisi telentang ternyata tidak sepopuler posisi tidur lainnya. Dikutip dari Healthline, prosentase orang yang tidur terlentang hanya sekitar 8%.   

Meskipun tidak populer, manfaat tidur telentang selain bisa menetralkan semua otot dan tulang belakang tubuh, baik untuk mengantisipasi naiknya asam lambung juga.  

Posisi tidur terakhir adalah tengkurap. Menurut Wikipedia, posisi tidur tengkurap atau adalah posisi yang paling tidak direkomendasikan karena ada banyak dampak negatif yang ditimbulkannya.  

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Persik yang Tidak Banyak Diketahui. Cari Tahu Yuk!

Dilansir dari Sleep Doctor, bahaya tidur tengkurap mulai dari nyeri punggung dan leher, rasa kebas, gatal, hingga saraf yang terasa tidak nyaman. Tapi ingat jika Anda lebih nyaman tidur dengan posisi tengkurap, pastikan hidung tidak tertutup bantal.  

Meski punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, pada dasarnya semua posisi tidur itu baik. Tapi perlu perlu diingat, bebas pilih posisi tidur asalkan bisa menciptakan tidur berkualitas. Tidur Anda bisa dikatakan berkualitas jika saat keesokan harinya Anda bangun dalam keadaan yang segar dan tidak sakit di seluruh tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News