HOME, Bugar

Mitos-Mitos Menstruasi ini Masih Sering Dipercaya Kaum Hawa

Mitos-Mitos Menstruasi ini Masih Sering Dipercaya Kaum Hawa

MOMSMONEY.ID - Mitos-mitos menstruasi ini masih sering dipecaya dan kerap hadir di sela-sela perbincangan perempuan. Entah perbincangan kepada sesama teman, memberitahu sepupu yang baru saja mengalami menstruasi, atau sekadar candaan yang kadang jadi menyesatkan. 

Dilansir MomsMoney dari Wikipedia, menstruasi, haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologi dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. 

 Baca Juga: Mencegah Telat Bicara Pada Anak, Begini Caranya! 

Suatu mitos merupakan himpunan kepercayaan yang tidak harus didukung fakta ilmiah. Oleh sebab itu, saat kita belum mengetahui bahwa hal itu memiliki fakta ilmiah yang jelas, tidak perlu ikut melanggengkan mitos yang menyesatkan kepada sesama perempuan. Berikut mitos-mitos menstruasi yang masih sering dipecaya kaum hawa.

Tidak boleh keramas dan potong kuku saat haid

Mitos tidak boleh keramas dan potong kuku saat haid muncul karena ada anggapan bahwa perempuan dianggap kotor saat mensturasi.

Namun, dalam buku Haid dan Kesehatan Menurut Ajaran Islam yang dikeluarkan MUI membantah hal itu. Justru saat moms menstruasi, wajib menjaga kebersihan tubuh.

Tidak boleh makan ikan

Banyak sekali orang yang percaya tentang mitos ini. Padahal dalam ikan mengandung sumber protein yang sangat tinggi. Mitos ini dipercaya karena bau pada ikan akan memicu bau amis pada tubuh.

Padahal, saat menstruasi memang perempuan berbau amis karena kelembapan vagina. Tapi saat ini banyak sekali cara untuk meredakan bau amis karena banyak sekali parfum tubuh yang bisa digunakan. Jadi tidak perlu khawatir akan hal itu ya, Moms.

 Baca Juga: Lakukan 8 Hal Ini Biar Gak Gampang Kena Mental Saat Pandemi

Pembalut bekas menstruasi harus dicuci bersih, supaya tidak dijilat setan. 

Kenapa kerap sekali mitos menstruasi dihubungkan dengan hal berbau mistis yang justru tidak mengedukasi secara fakta ilmiah.

Pembalut bekas menstruasi harus dicuci karena itu adalah hal yang mendukung kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan supaya tidak menularkan penyakit dari sampah pembalut kotor.

Mitos-mitos menstruasi ini masih sering dipecaya. Udah ya Moms, mulai saat ini jangan ikut-ikutan menyebarkan mitos yang tidak memiliki fakta jelas. Sebelum ikut melanggengakan mitos-mitos ini, alangkah baiknya kita belajar dulu dari sumber-sumber terpecaya.  

Selanjutnya: Jalin Hubungan Romantis dengan Pasangan saat Pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News