Keluarga

Mitos dan Fakta Seputar Diabetes yang Harus Diketahui Semua Kalangan

Mitos dan Fakta Seputar Diabetes yang Harus Diketahui Semua Kalangan

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai kepercayaan seputar diabetes yang belum tentu kebenarannya. Kali ini MomsMoney menguak beberapa pernyataan mitos dan fakta mengenai diabetes yang bisa dijadikan sumber pengetahuan.

Apa sajakah itu? Langsung saja simak artikel mitos dan fakta tentang diabetes yang dilansir dari Tropicana Slim dan Diabetes UK, berikut ini!

Pola hidup sehat menjauhkan hidup dari diabetes

Memang benar bahwa pola hidup sehat menjauhkan Anda dari diabetes. Tapi jangan salah, fakta membuktikan bahwa stress juga dapat memicu timbulnya diabetes!

Untuk dapat menghindari diabetes, Moms tak cukup hanya mengatur pola hidup sehat saja tapi juga mengatur pola pikir agar terhindar dari rasa stress.

Diabetes tipe 2 hanya menyerang orang gemuk

Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes melitus yang disebabkan gangguan produksi insulin. Insulin merupakan hormon yang bekerja untuk mengantarkan glukosa dari darah ke sel untuk diubah menjadi energi.

Namun, siapa bilang penderita diabetes tipe 2 hanya menyerang orang-orang gemuk dan obesitas saja? Faktanya, sebanyak 20% orang normal & kurus juga bisa menderita diabetes tipe 2 ini, loh!

Penderita diabetes tidak boleh makan gula

Anggapan bahwa penderita diabetes tidak boleh makan gula hanyalah sekadar mitos belaka.

Faktanya, penderita diabetes masih diperolehkan makan gula. Hanya saja, takarannya harus rendah hingga sedang.

Yang wajib dilakukan oleh penderita diabetes adalah pola makan yang seimbang, bukan malah menghilangkan salah satu komponen penting dalam tubuh seperti gula.

Penderita diabetes tidak boleh melakukan aktivitas berat

Salah satu mitos yang beredar cukup sering adalah bahwa penderita diabetes tidak boleh melakukan aktivitas yang berat dan melelahkan seperti berolahraga dan melakukan banyak pekerjaan.

Faktanya, Anda masih boleh melakukan olahraga dan aktivitas lainnya seperti biasa. Olahraga juga wajib dilakukan oleh penderita diabetes sebagai bagian dari menjalani pola hidup sehat.

Berat badan yang turun dapat mencegah diabetes

Pernyataan bahwa berat badan yang turun dapat mencegah Moms dari diabetes hanyalah mitos belaka. Faktanya, jika Moms melakukan diet ketat hingga berat badan menurun drastis, malah bisa memicu timbulnya diet yoyo.

Diet yoyo ini merupakan efek dari diet ketat berupa kenaikan badan lebih banyak dibandingkan sebelum melakukan diet. Apabila berat badan Moms malah naik, maka risiko diabetes semakin tinggi.

Cukup jalani pola hidup sehat dengan berolahraga teratur, makan secukupnya, dan menghindari streslah solusinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News