Santai

Mirip, Kenali Perbedaan Fitur Baru Instagram dan Community Notes Twitter

Mirip, Kenali Perbedaan Fitur Baru Instagram dan Community Notes Twitter

MOMSMONEY.ID - Instagram dan Twitter baru saja merilis fitur baru untuk catatan yang hampir mirip. Tapi, ada perbedaan antara fitur baru Instagram dan Community Notes Twitter. 

Penggunaan fitur baru Instagram Notes dan Community Notes juga berbeda. 

Mengutip Techcrunch, Twitter mengumumkan pada akhir pekan bahwa Community Notes sekarang dapat dilihat di seluruh dunia. Sementara, fitur baru Instagram Notes dirilis setelah Twitter meluncurkan Community Notes. 

Community Notes sebenarnya bukan fitur baru, namun merupakan fitur rebranding dari Birdwatch.

Bridwatch adalah sistem pengecekan fakta crowdsourced raksasa media sosial. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan konteks ke tweet dan menggunakan pendekatan sumber terbuka untuk menyanggah informasi yang salah.

Moderator yang merupakan bagian dari program dapat menambahkan catatan ke tweet untuk menambahkan konteks dan pengguna kemudian dapat memberikan suara jika mereka menganggap konteks tersebut bermanfaat.

Sebelumnya, Community Notes hanya dapat dilihat oleh pengguna di AS. Twitter berencana untuk segera menambahkan moderator dari wilayah lain.

Baca Juga: Cara Mencari Filter di Instagram yang Lagi Viral dan Trending, Begini Tipsnya

Jika Community Notes digunakan menambahkan catatan untuk menangkal hoaks yang ada di Twitter, berbeda dengan fitur baru Instagram Notes. 

Fitur baru Instagram Notes yang viral ini dideskripsikan sebagai postingan singkat yang dapat berisi hingga 60 karakter, yang artinya mirip dengan tweet, tetapi dengan dukungan kata yang lebih sedikit. Fitur baru Instagram Notes diluncurkan Rabu ini (14/12). 

Mengutip MacRumors, fitur baru Instagram Notes dapat dibagikan dengan membuka bagian atas kotak masuk. 

Fitur baru Instagram Notes ini akan hilang setelah 24 jam. Artinya, fitur baru ini memungkinkan Anda menambahkan Note ke profil, yang merupakan status yang hanya muncul selama 24 jam.

Anda dapat memilih untuk membagikannya hanya dengan teman dekat, yaitu orang yang telah Anda tambahkan ke daftar teman dekat di pengaturan.

Selain itu, Anda dapat membagikan Note dengan semua teman.

Fitur baru Instagram Notes ini mirip dengan fitur status di Whatsapp yang memungkinkan Anda membagikan pesan ke profil, tetapi orang dapat membalas ke Notes Instagram.

Cara menggunakan Instagram Notes

1. Perbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru di iOS atau Android.

2. Buka aplikasi Instagram.

3. Masuk ke bagian Direct Messaging (DM), di pojok kanan atas, dengan ikon balon pesan.

4. Anda akan melihat bagian di bagian atas halaman yang disebut, 'Catatan' atau 'Notes'.

5. Klik tombol “+” untuk menambahkan catatan baru.

6. Anda dapat memilih untuk membagikan catatan tersebut dengan “Teman Dekat” atau pengikut yang Anda ikuti kembali.

7. Klik 'Bagikan' untuk memposting catatan Anda.

Baca Juga: Cek Daftar HP Xiaomi yang Bisa Update MIUI 14, Intip Fitur Terbarunya

Tidak bisa melihat fitur baru Instagram Notes

Jika belum mendapatkan fitur Notes di DM, itu mungkin berarti belum tersedia di wilayah Anda.

Orang-orang mulai mendapatkan Notes sejak Juli 2022, tetapi saat itu hanya uji coba. Sekarang, tampaknya telah diluncurkan sebagai fitur nyata dengan pembaruan terbaru.

Namun, seperti semua fitur baru, fitur tersebut tidak diluncurkan ke semua akun secara bersamaan, dan sering kali dilakukan secara bertahap.

Anda harus memastikan telah menginstal aplikasi Instagram versi terbaru, karena ini dapat membawa fitur tersebut ke akun. Jika tidak, sayangnya tidak ada lagi yang dapat Anda lakukan selain menunggu fitur Notes akan tersedia di negara Anda.

Itulah perbedaan fitur baru Instagram Notes dan Community Notes Twitter yang diluncurkann di masing-masing platform sosial media. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News