Keluarga

Mirip Donat J.CO dan Dunkin, Ini 3 Cara Membuat Donat Empuk dan Renyah Tahan Lama

Mirip Donat J.CO dan Dunkin, Ini 3 Cara Membuat Donat Empuk dan Renyah Tahan Lama

MOMSMONEY.ID - Tak perlu takut gagal membuat donat, kini ada beberapa cara bikin donat empuk dan renyah tahan lama seperti donat J.CO dan Dunkin.

Agar donat yang dihasilkan jadi empuk dan enak untuk dinikmati, maka ada beberapa cara membuat donat yang wajib diperhatikan, terutama adonan donat yang dibuat serta cara pembuatannya.

Kesalahan sedikit saja dalam membuat donat dapat sebabkan kegagalan dan bikin donat jadi bantat.

Agar tak mengalaminya, MomsMoney telah melansir aneka cara membuat donat yang empuk dan renyah tahan lama dari laman Pondan, berikut ini.

Baca Juga: 5 Tips Pilih Wadah Bekal yang Aman untuk si Kecil ke Sekolah

Takaran bahan sesuai

Dalam membuat makanan, takaran bahan menjadi salah satu yang paling vital untuk diukur. Cara membuat donat empuk juga dapat diukur dari seluruh takaran bahan yang digunakan.

Apabila adonan tepung terigu pada donat terlalu banyak, maka donat yang dihasilkan akan mengeras dan sulit untuk dinikmati. Takarlah tepung secukupnya saja agar donat empuk dan lembut.

Baca Juga: Beri Literasi Keuangan, Intip 5 Cara Ajari Anak Mengatur Keuangan Sesuai Usianya

Lakukan secara bertahap

Donat Kentang

Cara bikin donat empuk dan kalis sempurna dapat dilakukan dengan melakukan berbagai tahapan memasak sesuai aturan.

Contohnya, jika dalam resep Anda diharuskan untuk menuangkan air sedikit demi sedikit, maka praktikkan sesuai dengan resep. Jangan coba-coba untuk menuangkan air sekaligus pada adonan donat.

Menuangkan air sekaligus membuat donat jadi lembek dan malah akan membuat donat jadi susah kalis. Alhasil, donat akan sulit untuk dibentuk.

Baca Juga: 4 Jenis Bra Ternyaman untuk Ibu Menyusui, Wajib Anda Miliki di Lemari!

Uleni dengan baik

Cara membuat donat agar empuk dan renyah tahan lama rahasianya ada dalam proses menguleni.

Agar adonan donat dapat sempurna dan kalis, maka cubit-cubit dan tariklah adonan donat. Tariklah adonan hingga adonan menyatu dan kalis. Apabila adonan tak menempel pada tangan, maka adonan donat dapat dikatakan telah kalis.

Namun perlu diingat, jangan terlalu lama menguleninya. Uleni donat secukupnya saja. Menguleni donat terlalu lama akan membuat donat tidak mengembang secara baik.

Itu dia sederet cara bikin donat lembut dan renyah tahan lama. Jangan lupa ikuti cara-cara di atas kalau Moms sedang membuat donat sendiri, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News