Keluarga

Mirip Ayam KFC, Ikuti 5 Cara Bikin Ayam Goreng Jadi Super Renyah dan Tebal

Mirip Ayam KFC, Ikuti 5 Cara Bikin Ayam Goreng Jadi Super Renyah dan Tebal

MOMSMONEY.ID - Kulit ayam goreng yang Moms buat melempem dan tak renyah? Coba simak beberapa cara bikin ayam goreng jadi super renyah, seperti yang berikut ini.

Membuat ayam goreng tepung sekilas memang terlihat mudah. Namun jika Anda tak tahu trik-triknya, maka ayam goreng yang Anda buat akan gagal.

Ada beberapa trik yang mesti dilakukan untuk dapat membuat ayam goreng jadi super renyah. Langsung saja simak artikelnya berikut ini yang dilansir dari Maggi.

Baca Juga: Gurih dan Empuk, Ini 3 Tips Maksimalkan Rasa Ayam ala Chef Christopher Kimball

Marinasi

Proses marinasi ayam menjadi salah satu tahapan penting untuk memberi rasa daging yang kuat ketika sudah selesai di goreng. Pastikan merendam ayam dalam bumbu campuran bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan, serta saus tiram selama 30 menit agar ayam tak terasa hambar.

Gunakan air es

Tahukah Anda bahwa penggunaan air es untuk adonan ayam goreng tepung merupakan salah satu cara bikin ayam goreng jadi super renyah?

Semakin dingin suhu air, semakin renyah ayam goreng tepung. Tingkat kerenyahannya pun dapat bertahan lama.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Saus BBQ yang Murah untuk Pesta Barbekyu di Malam Tahun Baru

Putih telur

Ayam Goreng Tepung

Saat sedang membuat ayam goreng, salah satu cara bikin ayam goreng jadi super renyah adalah dengan menambahkan bagian putih telur ke dalam adonan.

Putih telur berperan penting dalam membuat adonan ayam goreng jadi super krispi.

Penggunaan putih telur dalam adonan basah dapat membuat kulit ayam goreng tepung jadi lengket dan tak mudah lepas, sehingga kulit ayam yang dihasilkan jadi super tebal dan renyah.

Hindari penggunaan telur secara utuh (bersama bagian kuningnya) karena hanya akan membuat ayam goreng tepung jadi mudah melempem.

Baca Juga: Mengenal 8 Jenis Sate Indonesia dari Berbagai Penjuru Daerah, Sudah Coba Semua?

Lapisi tepung dua kali

Agar mendapatkan hasil ayam goreng jadi super renyah, ayam harus dilapisi dengan adonan basah dan kering sebanyak masing-masing dua kali.

Caranya adalah dengan mencelupkan ayam ke adonan basah, lalu gulirkan ke adonan kering. Masukkan kembali ke adonan basah, lalu balurkan kembali ke adonan kering.

Dengan begitu, ayam goreng tepung akan lebih renyah karena memiliki lapisan tepung yang tebal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau pada Daging Kambing Saat Memasak

Metode deep frying

Bikin ayam goreng jadi super renyah bisa dilakukan dengan metode memasak deep frying. Metode memasak yang satu ini menggunakan minyak goreng secara penuh hingga memenuhi wajan.

Pastikan Moms menggunakan wajan kecil agar minyak lebih penuh sehingga ayam goreng tepung bisa tenggelam saat sedang digoreng dalam minyak.

Dengan menggunakan metode penggorengan deep fry ini, maka baik kulit ayam maupun daging ayam dapat matang secara merata.

Itulah beberapa cara bikin ayam goreng jadi super renyah seperti ayam KFC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News