HOME, InvesYuk

Minimalkan Risiko! Ini Dia Tujuh Tips Investsi yang Anda Wajib Tahu

Minimalkan Risiko! Ini Dia Tujuh Tips Investsi yang Anda Wajib Tahu

MOMSMONEY.ID - Memulai investasi ada banyak alternatif, baik instrumen investasi riil, finansial sampai kemudian aset digital.

Budi Raharjo, perencana keuangan OneShildt mengatakan, dalam memilih instrumen investasi yang cocok atau sesuai dan juga bisa mencapai keberhasilan dalam investasi serta berusaha mengurangi risiko, maka seorang investor sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum melakukan investasi. 

Pertama, menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam investasinya. “Menetapkan apakah seorang investor ingin memperolah kenaikan nilai uang yang diletakkan untuk suatu saat digunakan di masa yang akan datang, atau menginginkan hasil berupa penghasilan dari investasinya. Atau kombinasi dari keduanya,” kata Budi. 

Kedua, menentukan jangka waktu investasi. Hal ini berarti investor harus menetapkan kapan dana investasi akan digunakan, apakah dalam jangka waktu dekat atau pendek dan apakah dalam jangka waktu panjang. 

Baca Juga: Simak Berbagai Tips Investasi ala Sandiaga Uno

Ketiga, mengenali profil dalam berinvestasi. Jangan sekedar kut-ikutan tren investasi yang sedang banyak dibicarakan, baiknya juga menyesuaikan antara instrument investasi tersebut dengan karakter kita.   

Keempat adalah melakukan pengecekan legalitas. Namun juga harus diingat bahwa legalitas perusahaan investasi itu tidak menghilangkan risiko investasi. 

Lantas kelima, mempelajari dan meyusun kpektasi keuntungan yang realistis. “Jika kita akan menginvestasikan uang di instrument yang berisiko rendah, maka otomatis tingkat keuntungan yang kita harapkan juga sebaiknya jangan terlalu berlebihan, kata Budi. 

Keenam, adalah memperrhatikan kondisi keuangan dan kapasitas. Investasi tidak untuk semua orang. Selain kesesuaian profil étau karakter dalam berinvestasi, kita juga harus memperhatikan kondisi keuangan. 

Ketujuh, mencari  penasehat keuangan yang kompeten dan beretika dapat menjadi pilihan bagi yang tidak tahu bagaimana harus memulai suatu rencana investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News