HOME, Keluarga

Minim Sampah, Ini 5 Ide Memanfaatkan Sisa Kulit Jeruk dan Lemon di Rumah

Minim Sampah, Ini 5 Ide Memanfaatkan Sisa Kulit Jeruk dan Lemon di Rumah

MOMSMONEY.ID - Bagi Anda yang gemar mengonsumsi buah, sisa kulit buah mungkin merupakan salah satu sampah organik yang banyak dihasilkan di rumah.

Sekilas, sisa kulit buah seperti jeruk dan lemon memang terlihat seperti sampah yang bisa dibuang begitu saja. Namun, tahukah Anda bila sisa kulit jeruk dan lemon ternyata masih bisa dimanfaatkan kembali?

Ya, buah-buahan yang termasuk ke dalam kelompok buah sitrus ini memang dikenal memiliki banyak manfaat. Pasalnya, selain daging dan sarinya yang lezat bila dikonsumsi, sisa kulit jeruk dan lemon bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Baca Juga: Sepatu Berbau Tidak Sedap? Singkirkan dengan Cara Ini

Bagaimana caranya memanfaatkan sisa kulit jeruk dan lemon? Berikut ide-idenya.

Pembersih alami serbaguna

Dilansir dari Taste of Home, sisa kulit jeruk dan lemon bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembersih serbaguna yang alami.

Caranya, tempatkan sisa kulit jeruk dan lemon di dalam wadah kaca, lalu isi dengan cuka putih hingga terendam sepenuhnya. Tutup wadah dan biarkan selama dua minggu, lalu saring dan tuangkan di dalam botol semprot. Gunakan seperti pembersih biasa.

Pupuk kompos

Salah satu cara termudah untuk memanfaatkan sisa kulit jeruk dan lemon adalah dengan mengubahnya menjadi pupuk kompos.

Mengutip Hello Homestead, masukkan sisa kulit jeruk dan lemon yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam komposter bersama dengan sampah organik lainnya, lalu diamkan selama beberapa minggu. Wangi dari kulit jeruk dan lemon akan membuat pupuk kompos tidak mudah diobrak-abrik oleh tikus dan hama lainnya.

Baca Juga: Ternyata Mudah! Ini Cara Membersihkan Karpet Selain Pakai Vacuum Cleaner

Dibekukan

Jika Anda suka bereksperimen dengan berbagai resep masakan, pasti familiar dengan resep-resep yang menggunakan parutan kulit lemon dan jeruk sebagai salah satu bahannya.

Nah, supaya Anda tak perlu repot-repot membeli dan mengupas lemon atau jeruk setiap kali memasak, simpanlah sisa kulit lemon dan jeruk di dalam wadah tertutup, lalu bekukan selama maksimal 3 bulan. Jadi, jika Anda ingin menggunakannya, tinggal keluarkan dari freezer dan parut seperti biasa.

Baca Juga: 5 Masalah yang Umum Terjadi di Kamar Mandi, Apa Saja?

Mengusir hama

Ternyata, beberapa hama tertentu kurang menyukai bau jeruk dan lemon. Jadi, Anda bisa memanfaatkan sisa kulit lemon dan jeruk sebagai alat untuk mencegah dan mengusir kedatangan hama di rumah.

Caranya, sebarkan potongan-potongan kulit jeruk dan lemon di area-area yang kerap dilewati hama tersebut, misalnya di halaman rumah atau di celah jendela dan pintu.

Pengharum ruangan alami

Jeruk dan lemon banyak digunakan sebagai bahan untuk pengharum ruangan karena wanginya yang khas. Nah, Anda pun bisa memanfaatkan sisa kulit jeruk dan lemon sebagai pengharum ruangan alami.

Caranya, tempatkan sisa kulit lemon dan jeruk di dalam panci, lalu tambahkan rempah dan herba lain seperti kayu manis, rosemary, thyme, atau mint. Isi dengan air, lalu rebus dengan api kecil. Wangi dari jeruk, lemon, dan bahan lainnya pun akan menyebar ke seisi rumah.

Itulah beberapa ide yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan sisa kulit jeruk dan lemon di rumah. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News