HOME, Santai

Miliki Manfaat Besar, Ini Dia Fungsi Bola Beton di Trotoar

Miliki Manfaat Besar, Ini Dia Fungsi Bola Beton di Trotoar

MOMSMONEY.ID - Masih hangat menjadi perbincangan di sosial media Tiktok tentang seorang pengguna aplikasi ini yang menyatakan kekecewaannya pada pemasangan pembatas jalan yang semakin banyak.

Banyaknya komentar kontra akan keluhannya tersebut membuat orang-orang semakin penasaran akan kegunaan pembatas jalan yang dipasang di trotoar ini.

Pembatas jalan yang biasa dipasang di trotoar biasa disebut dengan bollard. Benda ini biasanya berbentuk seperti tiang atau seperti bola dan dipasang di trotoar.

Baca Juga: Punya Disney+? Yuk, Tonton Film-Film Marvel Studios Berikut Ini di Aplikasinya

Bollard sendiri secara prinsip menurut Wikipedia digunakan pada kapal kapal besar. Namun penggunaan bollard kini juga bisa digunakan dan ditemukan di jalan raya.

Benda ini memiliki fungsi untuk mengatur jalan dan memberikan batasan antara jalan raya dan pedestrian atau trotoar yang biasa digunakan oleh pejalan kaki.

Di sisi lain, bollard juga digunakan sebagai salah satu benda yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang terjadi di trotoar.

Baca Juga: Kenali Beberapa Tanda Seseorang Mengalami Insecurity

Sehingga dengan memasang bollard di trotoar resiko kecelakaan yang bisa menimpa pejalan kaki karena kendaraan bermotor juga bisa diminalisir.

Bollard juga dipasang untuk menjadi tanda bahwa daerah tersebut tidak boleh dimasuki kendaraan bermotor dalam bentu apapun. Sehingga pejalan kaki bisa memperoleh kenyamanan dan keamanan saat sedang berjalan di trotoar.

Pemasangan bollard juga harus disesuaikan dengan kegunaannya. Jarak pemasangan antar bollard tidak boleh terlalu rapat sehingga masih dapat dilewati oleh pejalan kaki atau sepeda pancal yang umumnya menggunakan trotoar.

Selain untuk mengurangi resiko kecelakaan yang terjadi di trotoar dan menjadi pembatas jalan, bollard juga bisa digunakan untuk mengontrol over parking atau parkir yang berlebihan di pinggir jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News