HOME, Keluarga

Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa, Apa Penyebabnya?

Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa, Apa Penyebabnya?

MOMSMONEY.ID - Meteran listrik merupakan alat wajib bagi pengguna listrik di rumah. Pasalnya, alat yang kerap disebut sebagai kWh meter ini memiliki banyak fungsi, seperti menghitung besaran energi listrik yang digunakan, memutus arus listrik di rumah, hingga mendeteksi saldo token listrik.

Namun, tidak selamanya meteran listrik berjalan dengan lancar. Pada meteran listrik prabayar atau token yang dilengkapi layar digital, kadang muncul tulisan Periksa yang mungkin dapat mengganggu penggunaan listrik Anda.

Nah, supaya Anda tidak bingung menghadapi masalah tersebut, ada beberapa faktor yang menyebabkan meteran listrik memunculkan tulisan Periksa. Yuk, simak di bawah!

Baca Juga: Kapan Sebaiknya Membeli Token Listrik? Baca Penjelasannya di Sini

Arus listrik bocor

Kemungkinan pertama yang menyebabkan munculnya tulisan Periksa di meteran adalah kebocoran arus listrik. Kebocoran tersebut dapat disebabkan oleh penyambungan atau kondisi kabel listrik yang tidak baik.

Jika dibiarkan, kabel tersebut dapat mengelupas dan memicu percikan api yang menyebabkan kebakaran. Jadi, pastikan kabel yang terpasang di rumah berkualitas baik untuk meminimalisir masalah.

Grounding yang tidak tepat

Kemungkinan kedua adalah grounding atau arus balik pembumian listrik yang tidak tepat. Biasanya, hal ini terjadi karena instalasi listrik yang tidak tepat.

Idealnya, instalasi listrik di rumah Anda dilakukan oleh orang yang profesional sehingga pemasangan ground listrik tepat.

Baca Juga: Token Listrik Gagal Diisi? Mungkin Hal-Hal Ini Penyebabnya

Tombol tamper menyala

Terakhir, tombol tamper pada meteran dapat menyebabkan tulisan Periksa muncul di layar meteran. Tombol tamper sendiri adalah tombol yang berfungsi untuk mengamankan meteran dari gangguan luar, termasuk orang yang akan membuka meteran.

Jika cover atau penutup meteran listrik dibuka, tombol tamper akan menyala dan memunculkan tulisan Periksa di layar meteran.

Oleh karena itu, hindari membuka atau mengotak-atik meteran supaya tombol tamper di meteran tidak menyala.

Apa solusinya?

Cara paling mudah untuk mengatasi masalah tulisan Periksa pada meteran listrik adalah dengan menghubungi Contact Center PLN di 123.

Setelah tersambung, sampaikan masalah Anda. Nanti, petugas yang bersangkutan akan memberikan kode reset sebanyak 20 digit untuk dimasukkan ke meteran supaya tulisan Periksa pada meteran Anda hilang. Masukkan kode tersebut seperti saat memasukkan kode token pada umumnya.

Nah, itulah beberapa penyebab meteran listrik muncul tulisan Periksa. Intinya, jika tulisan Periksa muncul di meteran, jangan otak-atik meteran Anda dan segera hubungi PLN untuk mendapatkan kode reset meteran.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda!

Selanjutnya: Cara Cek Tagihan Listrik PLN, Mudah dan Cepat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News