HOME, Bugar

Meskipun Pahit, Jangan Ragukan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Meskipun Pahit, Jangan Ragukan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Mengkudu merupakan buah berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 

Buah ini cukup populer sebagai obat herbal dan suplemen. Buah mengkudu mengandung 90% air. Sedangkan 10% bagian keringnya terdiri dari serat, protein, dan gula. 

Buah mengkudu memang memiliki bau yang menyengat dan rasa yang pahit dan banyak orang yang meragukan dan tidak suka mengonsumsinya. 

Baca Juga: Jeruk Bali Kaya Vitamin C, Inilah Manfaat Lainnya untuk Tubuh

Meski demikian, dilansir dari Mayo Clinic dan Everyday Health, manfaat buah mengkudu untuk kesehatan sangatlah beragam, di antaranya berikut ini:

1. Mengurangi nyeri sendi

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi nyeri sendi. 

Ekstrak buah ini juga diketahui berkhasiat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada sendi, misalnya pada penderita osteoarthritis. 

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang kedua adalah untuk memperkuat daya tahan atau sistem imunitas tubuh. 

Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh bisa lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit sehingga Anda pun tidak mudah sakit. 

3. Bantu mengobati arthritis

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang ketiga bisa membantu mengobati arthritis. Manfaat buah mengkudu bisa untuk mengobati pasien dengan kondisi arthritis. 

Jika Anda menjalani gaya hidup sehat dan minum jus mengkudu secara rutin, ini dapat mengurangi nyeri arthritis seminimal mungkin. 

Baca Juga: Jangan Asal Sarapan! Inilah 5 Jenis Sarapan yang Bisa Membuat Awet Muda

4. Bantu menurunkan kolesterol

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang keempat adalah membantu menurunkan kolesterol. 

Penelitian tim dari University of Illinois College of Medicine, minum jus mengkudu selama satu bulan dapat mengurangi kolesterol total dan kadar kolesterol LDL pada perokok berat. 

5. Menurunkan gula darah

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang terkahir adalah menurunkan gula darah. 

Penelitian pada hewan telah menunjukkan hasil yang menjanjikan terhadap manfaat buah mengkudu untuk mengontrol kadar gula darah. 

Selain manfaat di atas, masih ada banyak manfaat mengkudu, seperti mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko kanker, mengurangi rasa mual, dan meningkatkan stamina tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News