HOME, Bugar

Meskipun Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya Bagi Tubuh

Meskipun Pahit, Ini Manfaat Daun Pepaya Bagi Tubuh

MOMSMONEY.ID - Daun pepaya dikenal memiliki rasa pahit, sehingga jarang yang mau mengonsumsinya. Namun dibalik rasa pahit tersebut ternyata ada banyak nutrisi yang bisa didapat.

Kandungan nutrisi daun pepaya bisa membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan dan membuat tubuh tetap bugar.

Selain itu, dilansir dari Health Focus, berikut ini adalah beberapa manfaat daun pepaya bagi tubuh yang bisa Anda rasakan, antara lain: 

Baca Juga: Catat! Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Perut Dengan Cepat

1. Menurunkan risiko kanker 

Manfaat daun pepaya bagi tubuh yang pertama adalah membantu menurunkan risiko kanker. Konsumsi daun pepaya juga bisa membantu membuang racun dalam tubuh.

Pasalnya, daun pepaya memiliki kandungan sifat anti-kanker yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan kanker.

2. Anti bakteri 

Manfaat daun pepaya bagi tubuh yang kedua adalah anti bakteri. Daun pepaya bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit di tubuh.

Daun pepaya disebut memiliki kandungan senyawa yang bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti jamur, cacing, bakteri, parasit, dan jenis bakteri lainnya.

3. Mencegah demam berdarah 

Manfaat daun pepaya bagi tubuh yang ketiga adalah mencegah demam berdarah. Penyakit ini terjadi karena infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti dan bisa berakibat fatal.

Nah, jika Anda rutin mengonsumsi daun pepaya juga bisa membantu tubuh dalam mengatasi serangan virus penyebab penyakit ini. 

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Inilah 5 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

4. Anti malaria 

Manfaat daun pepaya bagi tubuh yang keempat adalah anti malaria. Selain kanker, daun pepaya ternyata juga bisa berperan sebagai anti malaria.

Untuk mendapat manfaat ini, cobalah untuk rutin mengonsumsi jus daun pepaya satu kali sehari. Biar khasiatnya maksimal, hindari menambahkan gula atau zat lain pada jus daun pepaya. 

5. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Manfaat daun pepaya bagi tubuh yang kelima adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, daun pepaya juga bisa membantu meregenerasi sel-sel darah putih secara alami. 

Rutin mengonsumsi daun pepaya disebut bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga lebih kuat dalam mencegah infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

Meski kaya akan manfaat, konsumsi buah dan daun pepaya tetap harus diimbangi dengan pola hidup sehat, yaitu konsumsi makanan sehat dan berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News