HOME, AturUang

Meski Sudah Pakai Asuransi Kendaraan All Risk, Tetap Siapkan Dana Lebih

Meski Sudah Pakai Asuransi Kendaraan All Risk, Tetap Siapkan Dana Lebih

MOMSMONEY.ID -Meskipun sudah menggunakan asuransi all risk yang artinya bisa mengkover semua perbaikan, Anda diminta untuk tetap menyiapkan uang lebih saat melakukan klaim. 

Agustina Fitria, perencana keuangan Oneshildt Financial Independen menyampaikan, bahwa tetap ada biaya yang dikenakan meski pakai asuransi all risk. Makanya, siapkan dana tambahan.  

Berdasarkan pengalaman Fitri, biasanya biaya itu dikenakan per kejadian atau on risk. Misalnya ditabrak bagian belakang, maka yang akan ditanggung sebenarnya bagian belakang saja.

Seandainya ingin mengklaim baret di bagian depan, pihak bengkel dan asuransi biasanya akan menganggap itu kejadian yang berbeda. 

"Nah, kalau satu kejadian itu misalnya kena Rp 300.000. Tapi biasanya orang itu baru ke bengkel setelah ada kerusakan di beberapa titik berbeda, maka itu dihitung beberapa kejadian. Makanya biaya yang dikeluarkan besar," kata Fitri.

Biasanya orang sengaja menunda ke bengkel dengan alasan pengerjaannya lama. Sementara, mobil tersebut masih dipakai untuk kegiatan sehari-hari dan tidak ada mobil pengganti.                   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News