Meski Banyak Manfaat, Kenali 5 Risiko Minum Kopi Setiap Hari

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 24 November 2022 | 10:45 WIB
Meski Banyak Manfaat, Kenali 5 Risiko Minum Kopi Setiap Hari

ILUSTRASI. Meski Banyak Manfaat, Kenali 5 Risiko Minum Kopi Setiap Hari


MOMSMONEY.ID - Meskipun banyak manfaat, inilah beberapa risiko minum kopi setiap hari yang perlu Anda ketahui.

Kopi merupakan salah satu minuman paling populer. Minuman ini tersedia dalam beragam jenis, ada kopi hitam klasik atau kopi tubruk, kopi hijau, kopi luwak, dan kopi putih.

Banyak orang mengatakan, minum kopi setiap hari bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, tak sedikit juga yang menilai tidak ada sisi bahaya minum kopi setiap hari.  

Kopi memang bermanfaat untuk kesehatan, tetapi minuman ini juga memiliki beberapa efek samping, terlebih jika dikonsumsi terlalu sering atau banyak. 

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut adalah beberapa risiko minum kopi setiap hari yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Sering Mengantuk Saat Bekerja? Ini 5 Cara Ampuh Menghilangkan Ngantuk

1. Menimbulkan rasa cemas

Risiko minum kopi setiap hari yang pertama adalah menimbulkan rasa cemas. Kafein ini memang dapat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan mengatasi rasa kantuk.

Tapi, jika dikonsumsi terlalu sering, kopi justru bisa mengakibatkan timbulnya kecemasan dan kegelisahan. 

Jika tidak dibatasi, konsumsi kopi yang terlalu banyak bahkan bisa berisiko menyebabkan Anda mengalami gangguan kecemasan. 

2. Menyebabkan gangguan tidur

Risiko minum kopi setiap hari yang kedua adalah menyebabkan gangguan tidur. Kafein pada kopi merupakan zat stimulan yang dapat membuat kinerja otak dan saraf lebih aktif.

Inilah sebabnya mengapa minuman berkafein, seperti kopi, teh, cokelat, atau minuman berenergi, bisa mencegah dan menghilangkan rasa kantuk. 

Tapi, jika dikonsumsi terlalu sering, kopi atau minuman berkafein lainnya bisa mengganggu kualitas tidur dan membuat Anda menjadi susah tidur.

Hal ini bisa meningkatkan risiko Anda untuk mengalami gangguan tidur atau insomnia. 

3. Mengancam kesehatan lambung

Risiko minum kopi setiap hari yang ketiga adalah mengancam keseatan lambung. Jika Anda punya kebiasaan ngopi setiap hari di waktu pagi, sistem pencernaan bisa terganggu.

Apalagi, jika Anda meminumnya saat perut masih kosong. Asam yang dimiliki kopi bisa memicu asam lambung. 

Tanpa ada makanan, cairan asam yang telanjur keluar tidak terpakai untuk mencerna makanan. Akhirnya, asam lambung pun menggenang di lambung. 

Akibatnya, cairan asam yang bersifat korosif ini bisa merusak lapisan lambung jika terjadi secara terus-menerus. 

4. Meningkatkan frekuensi buang air kecil

Risiko minum kopi setiap hari yang selanjutnya adalah meningkatkan frekuensi buang air kecil. Kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki efek diuretik alami.

Ini membuat minuman tersebut bisa menyebabkan Anda sering buang air kecil dan bahkan mengalami dehidrasi, terlebih jika Anda kurang minum air putih. 

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes

5. Meningkatkan tekanan darah

Risiko minum kopi setiap hari yang terakhir adalah meningkatkan tekanan darah. Kafein pada kopi bisa menimbulkan efek samping berupa peningkatan tekanan darah.

Nah, jika dikonsumsi setiap hari atau terlalu banyak, kopi bisa membuat tekanan darah meningkat dan bahkan berisiko menyebabkan hipertensi. 

Selain itu, konsumsi kopi berlebihan juga bisa membuat jantung berdetak lebih cepat, sehingga menimbulkan sensasi dada berbedar. 

Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kopi setiap hari, terlebih jika memiliki riwayat penyakit atau masalah kesehatan tertentu. 

Penyakit-penyakit seperti sakit maag, tekanan darah tinggi, gangguan bipolar, epilepsi, penyakit asam lambung, atau irritable bowel syndrome (IBS) sebaiknya tidak minum kopi setiap hari.

Kalau Anda merasa sulit untuk berhenti minum kopi konsultasikanlah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Itulah beberapa risiko minum kopi setiap hari yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER