CLOSE [X]
ads

Merasakan Gejala Menopause? Coba 4 Cara Ini untuk Mengatasinya, Yuk!

Reporter: Christ Penthatesia
Rabu, 18 Mei 2022 | 07:19 WIB
Merasakan Gejala Menopause? Coba 4 Cara Ini untuk Mengatasinya, Yuk!

ILUSTRASI. Menopause adalah proses yang dilalui perempuan ketika usainya telah beranjak 40 hingga 50 tahun. Biasanya menunjukkan beberapa gejala yang bisa diatasi dengan cara berikut.


MOMSMONEY.ID - Menopause merupakan proses yang akan dialami semua perempuan. Tepatnya ketika perempuan telah mencapai usia akhir 40 hingga awal 50-an.

Selama masa-masa ini, hampir semua perempuan akan mengalami gejala menopause yang biasanya tidak membuat nyaman. Seperti munculnya sensasi panas, keringat saat tidur malam, mood swing, mudah tersinggung, dan sensitive.

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala menopause bagi para perempuan.

Baca Juga: Suka Memakai Bra Saat Tidur? Ini 9 Efek Negatifnya bagi Kesehatan

Konsumsi makanan dengan kalsium dan vit D

Laman Health Line menyatakan bahwa perubahan hormon yang terjadi saat menopause bisa menyebabkan kekuatan tulang menjadi lebih melemah dan resiko osteoporosis menjadi lebih besar.

Maka dari itu, penting untuk rutin mengkonsumsi makanan dan minuman yang tinggi kalsium dan vitamin D. Kalsium bisa diperoleh dari produk dairy seperti yogurt, susu, dan keju. Sedangkan sumber vitamin D terbesar ada pada cahaya matahari, sehingga berjemur secara rutin bisa dipilih untuk menambah kandungan vitamin D dalam tubuh.

Jauhi makanan yang menjadi trigger

Beberapa makanan bisa menjadi trigger yang bisa memicu gejala menopause menjadi lebih buruk. Sensasi panas, berkeringat pada malam hari, dan perubahan mood adalah beberapa gejala menopause yang dipengaruhi oleh makanan dan minuman.

Beberapa makanan dan minuman yang umum menjadi trigger atau pemicu munculnya gejala menopause adalah, kopi atau kafein, alcohol, makanan pedas dan makanan manis.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana untuk Mengurangi Stretch Mark Selama Kehamilan

Lakukan olahraga ringan

Walaupun telah memasuki umur yang tidak bisa dikatakan muda lagi, namun menjaga tubuh untuk selalu aktif dengan melakukan olahraga juga bisa membantu mengatasi gejala menopause pada perempuan.

Salah satu gejala menopause adalah menurunnya kualitas tidur karena keringat di malam hari yang membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Laman Web MD menyarankan untuk melakukan olahraga ringan sepertig yoga, tai-chi, dan meditasi untuk membantu tubuh menjadi lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur.

Menulis buku harian

Menulis buku harian juga bisa dijadikan cara untuk meredakan gejala menopause dan terapinya. Banyak hal yang bisa ditulis dalam buku harian, termasuk ketika merasakan gejala menopause pada umumnya.

Gunakan buku harian sebagai panduan saat mengalami gejala menopause. Tuliskan gejala menopause yang dirasakan, makanan yang dimakan dan bisa memicu gejalanya, serta kondisi mood yang sedang dirasakan sebagai contohnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru
TOPIK TERPOPULER