HOME, Santai

Merasa Susah Konsentrasi? Coba Terapkan Teknik Pomodoro untuk Latih Fokus Anda

Merasa Susah Konsentrasi? Coba Terapkan Teknik Pomodoro untuk Latih Fokus Anda

MOMSMONEY.ID - Hidup di era yang semakin maju ini tentu saja tuntutan untuk menjadi produktif menjadi sangat tinggi. Tingginya beban pekerjaan juga menuntut untuk diselesaikan. 

Dalam hal produktivitas, banyak teknik yang dapat dipilih untuk meningkatkan produktivitas. Salah satunya adalah teknik Pomodoro.

Baca Juga: Hustle Culture, Budaya Gila Kerja yang Bisa Mengancam Kesehatan Mental

Teknik Pomodoro adalah teknik untuk menjaga ritme seseorang dalam hal produktivitas. Menurut Wikipedia teknik ini adalah teknik manajemen waktu yang  dikembangkan oleh Fransesco Cirillo di akhir tahun 80-an.

Pomodoro diambil dari bahasa Italia yang berarti tomat. Hal ini dikarenakan Cirilio menggunakan timer berbentuk tomat yang merupakan alat utama dalam teknik ini.

Teknik manajemen waktu ini menggunakan timer yang digunakan untuk membagi pekerjaan menjadi beberapa interval waktu. Biasanya interval waktu yang digunakan adalah 25-30 menit dan diselingi waktu istirahat singkat di setiap intervalnya.

Pomodoro adalah teknik yang kerap digunakan pelajar untuk bisa fokus belajar. Teknik ini juga semakin banyak digunakan study vlogger untuk menjaga produktivitas mereka dalam hal belajar. Walaupun begitu teknik Pomodoro ini tak hanya bisa digunakan untuk belajar saja.

Baca Juga: Ingin Studi ke Luar Negeri? Ini Dia Rekomendasi Negara dengan Biaya Pendidikan Murah

Teknik ini bisa digunakan dalam semua aspek kegiatan harian. Tujuannya agar pekerjaan dapat selesai tanpa menyiksa tubuh untuk bekerja keras tanpa henti.

Cara untuk melakukan teknik ini cukup mudah. Berikut ini adalah cara singkat menerapkan teknik Pomodoro. Pilih satu pekerjaan yang ingin diselesikan. Fokuslah untuk memilih satu pekerjaan terlebih dahulu.

Siapkan timer. Anda bisa menggunakan timer pada smartphone atau timer lain yang Anda miliki. Atur waktu selama 25-30 menit. Jika sudah Anda bisa menekan mulai dan mulai melakukan pekerjaan tersebut dalam interval waktu yang tersedia.

Ulangi teknik diatas selama 4 kali. Beri jeda istirahat 3-5 menit di sela-sela interval. Setelah selesai mengulang hingga 4 kali, beri jeda istirahat lebih lama yaitu 15-30 menit.

Jika sudah selesai maka Anda bisa berpindah mengerjakan hal lainnya. Namun jika belum Anda bisa mengulang kembali teknik diatas hingga pekerjaan selesai.

Teknik Pomodoro ini akan membantu Anda untuk bisa fokus mengerjakan satu hal. Istirahat yang dilakukan dalam teknik ini tentunya akan membantu Anda terhindar dari rasa bosan dalam mengerjakan sesuatu.

Selanjutnya: Memanfaatkan Dompet Digital untuk Mengatur Pemasukan dan Pengeluaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News