HOME, Santai

Merasa Sering Lapar? Kenali Tanda-Tanda Lain Tubuh yang Ketagihan Gula

Merasa Sering Lapar? Kenali Tanda-Tanda Lain Tubuh yang Ketagihan Gula

MOMSMONEY.ID - Gula merupakan sumber makanan yang memiliki efek buruk jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Terlalu sering mengkonsumsi gula juga tentunya akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Namun gula telah menjadi hal penting yang susah untuk dihilangkan dalam menu makanan. Makanan fast food dan makanan olahan adalah jenis makanan yang mengandung banyak gula. 

Tubuh akan memberikan tanda jika sudah ketagihan gula. Berikut ini adalah beberapa tanda tubuh yang ketagihan gula.

Baca Juga: Sebaiknya Mulai Konsumsi Kurma di Pagi Hari. Berikut Ini 6 Manfaatnya

Selalu merasa lapar

Tanda utama yang diberikan tubuh yang ketagihan gula adalah selalu merasa lapar. Melansir dari laman Kay Nutrition, biasanya tubuh yang mengalami ketagihan gula akan lebih mudah merasakan lapar setiap 2 hingga 3 jam sekali. 

Hal tersebut bukanlah merupakan tanda metabolisme tubuh yang baik melainkan tanda bahwa adanya gangguan pada gula darah yang tidak bisa memproses metabolisme lemak  menjadi energy.

Mood yang tidak stabil

Merasakan mood yang tidak stabil juga merupakan sebuah tanda bahwa tubuh sedang ketagihan gula. Bahkan jika sampai merasa mudah marah ketika melewatkan jam makan.

Merasa jengkel karena melewatkan jam makan menandakan bahwa tubuh semakin bergantung dengan gula sebagai sumber energi.

Baca Juga: Makanan yang Bisa Membantu Meningkatkan Gairah pada Wanita

Menyukai makanan karbo

Gula dapat didapatkan dari berbagai sumber makanan. Karbohidrat merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung banyak gula. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi akan lebih mudah di olah menjadi gula. Yang tentunya dapat membuat tubuh semakin ketagihan gula.

Terlalu banyak memakan makanan yang mengandung karbohidrat dapat merusak gula darah dan membuat tubuh mudah kecanduan gula. Mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat dapat membantu tubuh mengatasi kecanduan gula.

Merasa begah setelah makan

Salah satu alasan perut terasa begah atau penuh setelah makan adalah karena proses fermentasi gula yang terjadi dalam tubuh. 

Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat merusak ekosistem dalam tubuh yang mengandung bakteri baik karena sisa gula yang masuk ke dalam tubuh. Sisa gula dalam tubuh dapat membantu bakteri jahat penyebab rasa begah berkembang biak dengan baik di dalam organ pencernaan.

Selanjutnya: Ini Dia Jadwal Terbaru Pelaksanaan Tes SKD CPNS yang Melamar dari Luar Negeri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News