Santai

Merasa Hormon Tidak Seimbang? Coba 5 Tips Ini Untuk Seimbangkan Hormon Yuk!

Merasa Hormon Tidak Seimbang? Coba 5 Tips Ini Untuk Seimbangkan Hormon Yuk!

MOMSMONEY.ID - Menjaga hormon untuk tetap berada dalam kondisi seimbang tentu menjadi perhatian utama. Terutama agar permasalahan gangguan kesehatan tidak terjadi

Hal tersebut disebabkan karena adanya beberapa pengaruh yang menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang.
 
Walau begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh.
 
 
Tidur cukup
 
Tidur merupakan aktivitas penting yang digunakan untuk mengembalikan energi tubuh. Kualitas tidur yang buruk atau kurang juga bisa menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang.
 
Tingkat hormon dalam tubuh bisa naik dan turun karena ada pengaruh dari kualitas tidur. Efek hormon tidak seimbang yang disebabkan karena kurang tidur seperti yang dilansir dari laman Medical News Today adalah obesitas, diabetes, dan gangguan nafsu makan.
 
Kelola stress
 
Tak semua orang dapat mengelola stress dengan baik. Padahal tingkat stress juga bisa berpengaruh dengan keseimbangan hormon dalam tubuh. Stress bisa memicu meningkatkan adrenalin dan kortisol dalam tubuh.
 
Jika kedua hormon tersebut berada di tingkat tinggi, maka dapat merusak keseimbangan hormon. Sehingga masalah seperti obesitas, gangguan mood, dan masalah kardiovaskular bisa terjadi.
 
 
Kurangi gula
 
Dengan mengurang jumlah asupan gula yang masuk dalam tubuh juga bisa membantu menyeimbangkan hormon.
 
Makanan dengan tinggi gula jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan perlawanan insulin yang mengganggu kesehatan usus. Gangguan pada usus tersebutlah yang memicu hormon menjadi tidak seimbang.
 
Konsumsi protein
 
Untuk membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh, cobalah untuk memperbanyak konsumsi protein sesuai dengan kebutuhan tubuh.
 
Laman Health Line menjelaskan bahwa protein mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan, metabolisme, stress, dan reproduksi. Sehingga dengan mengkonsumsi protein dalam jumlah cukup, yaitu 20-30 gram per porsi bisa membantu untuk menyeimbangkan hormon.
 
Olahraga
 
Cara lain yang bisa digunakan untuk membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh adalah dengan berolahraga. Salah satu manfaat dari melakukan olahraga adalah membantu untuk mengurang kadar insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin.
 
Insulin adalah hormon yang bekerja untuk mengambil gula dari aliran darah untuk dijadikan energi. Sehingga efek hormon tidak seimbang seperti obesitas, diabetes, dan gangguan jantung bisa dihindari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News