HOME, Keluarga

Menyegarkan Ruangan, Ini Dia Ide Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

Menyegarkan Ruangan, Ini Dia Ide Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

MOMSMONEY.ID - Saat pandemi, tanaman hias menjadi salah satu hal yang banyak diminati dan dicari orang-orang untuk mempercantik eksterior dan interior rumah.

Tidak heran, karena tanaman hias sendiri memiliki banyak manfaat bagi pemiliknya, seperti dapat memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan dan memberi kesan segar di dalam ruangan. Selain itu, kegiatan merawat tanaman dapat membantu mengusir kejenuhan akibat terlalu lama tinggal di rumah saat pandemi.

Supaya dapat mempercantik rumah, tanaman hias tentu perlu ditata dan disusun dengan rapi. Masalahnya, bagaimana caranya menata tanaman hias supaya dapat melengkapi penampilan rumah?

Nah, berikut ini ada beberapa contoh interior rumah yang didekorasi dengan tanaman hias. Selain menyegarkan, warna hijaunya pun bisa memberi tambahan warna yang cantik di dalam ruangan!

Baca Juga: Simak, Ini 6 Tips Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

Menyegarkan ruangan sempit

Wajar bila Anda takut keberadaan berbagai tanaman hias di dalam rumah bisa terasa menyesakkan, apalagi jika Anda tinggal di rumah kecil yang sempit.

Namun, jika ditata dengan benar, tanaman hias tidak akan membuat sesak. Keberadaan tanaman hias justru dapat memberi kesan segar di dalam ruangan.

Kuncinya, pilihlah tanaman dengan desain minimalis dan gunakan tanaman hias dengan jumlah sedikit supaya ruangan tidak terlalu sesak. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan tanaman gantung untuk menghemat tempat di lantai atau meja. Jangan lupa untuk memperhatikan pencahayaan di dalam ruangan supaya tanaman ternutrisi dengan baik.

Kontras di antara hijau

Supaya penampilan tanaman hias tidak monoton, cobalah untuk bereksperimen dengan menggunakan berbagai variasi warna hijau yang berbeda. Atau, gunakan tanaman hias dengan warna selain hijau untuk menciptakan perpaduan warna yang menarik.

Tanaman hias yang terletak di atas meja pada gambar di atas memiliki buah-buah kecil berwarna merah yang terlihat kontras dengan warna hijau di sekitarnya, sehingga tanaman tersebut menjadi titik fokal yang menarik di dalam ruangan.

Anda tidak harus menggunakan tanaman yang persis seperti di gambar, namun gunakan tanaman kesukaan Anda. Pilihlah tanaman hias minimalis dengan warna-warna berbeda. Bahkan, Anda bisa menggunakan tanaman bunga dengan warna mencolok sehingga ruangan akan makin cantik.

Baca Juga: 6 Jenis Kaktus yang Cocok Diletakkan Dalam Ruangan

Tanaman bunga untuk pewangi ruangan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by HOME DECOR (@home__boho)

Jika Anda mengira tanaman hias selalu berupa tanaman daun, sebenarnya tidak harus begitu. Anda boleh-boleh saja menggunakan tanaman berbunga sebagai dekorasi atau hiasan di dalam ruangan.

Ketika menggunakan tanaman berbunga untuk dekorasi rumah, pilihlah tanaman dengan desain minimalis dan ramping supaya tetap terlihat cantik, seperti pada gambar. Anda bisa memilih tanaman seperti sedap malam yang ramping dan memiliki wangi semerbak. Jadi, ruangan Anda juga tidak hanya cantik, tapi juga wangi.

Taruh tanaman berbunga pilihan Anda di dalam vas atau pot dengan desain yang sesuai dengan tema ruangan, lalu letakkan vas atau pot tersebut di satu tempat sebagai centerpiece ruangan, misalnya di tengah meja.

Pojok ruangan yang simpel

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by HOME DECOR (@home__boho)

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan saat mendekorasi rumah dengan tanaman hias adalah dengan start simple alias memulai dengan hal-hal yang sederhana terlebih dahulu.

Artinya, Anda tidak harus langsung menaruh banyak tanaman di dalam satu ruangan, melainkan memulai dengan jumlah tanaman yang sedikit supaya tidak kewalahan saat merawatnya. Pilihlah tanaman minimalis yang mudah dirawat seperti ZZ plant, kaktus, sukulen, dan lain-lain.

Letakkan satu-dua tanaman di sudut ruangan sehingga tanaman Anda akan menjadi titik fokal atau pemanis ruangan yang menyegarkan. Jangan lupa untuk memilih pot atau vas dengan desain yang sesuai dengan tema ruangan.

Selanjutnya: 6 Rekomendasi Warna Cat Rumah yang Elegan, Interior Hunian Jadi Menawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News