HOME, Keluarga

Menurut Dermatologis, Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Jika Mau Punya Kulit Cantik

Menurut Dermatologis, Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Jika Mau Punya Kulit Cantik

MOMSMONEY.ID - Percaya tidak percaya, apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh dapat memengaruhi sehat atau tidaknya kulit Anda. Jika Anda gemar makan makanan kaya antioksidan, maka bukan hal yang sulit bagi Anda untuk memiliki kulit yang cerah, montok, dan lembab.

Sebaliknya, jika Anda suka mengonsumsi makanan atau minuman yang kurang sehat, maka jerawat, kemerahan, dan iritasi pun akan mudah menyerang kulit Anda.

Melansir laman The Healthy, ada beberapa makanan dan minuman yang menurut para dermatologist patut untuk Anda hindari jika Anda menginginkan kulit yang sehat dan cantik.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Merapikan Rumah

1. Gula

Konsumsi gula bisa membuat kulit tampak lebih keriput lho, Moms. Memang, tidak ada yang salah dengan menikmati suguhan manis sesekali. Akan tetapi, saat Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman apapun yang mengandung gula, itu dapat berdampak buruk pada kulit Anda.

Sama halnya dengan semua makanan glikemik tinggi, gula akan meningkatkan gula darah dengan cepat dan menyebabkan peradangan sekaligus memicu glikasi yang dapat membuat serat kolagen menjadi kaku. Alhasil, kulit akan menjadi kurang montok dan lebih keriput dari waktu ke waktu.

2. Keripik kentang

Keripik kentang termasuk makanan olahan yang tinggi lemak trans. Kandungan tersebut dapat berdampak pada glikasi yang mana gula akan mengikat protein dan membentuk zat berbahaya, peradangan, dan menimbulkan jerawat atau rosacea.

Alih-alih menjadikan keripik kentang sebagai camilan sehari-hari, lebih baik Anda menggantinya dengan camilan yang terbukti sehat seperti buah-buahan segar dan perbanyak minum air putih.

3. Protein shake

Protein shake sangat bagus untuk membangun dan memperbaiki otot setelah sesi latihan beban yang intens. Di sisi lain, penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis protein justru dapat membuat kulit menjadi rusak.

Secara khusus, whey protein telah terbukti mampu menyebabkan munculnya jerawat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 di Health Promotion Perspectives.

Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi alpukat, green tea, tomat, salmon, telur, delima, kenari, dan kacang polong jika menginginkan kulit yang cantik bebas jerawat.

4. Makanan pedas

Makanan pedas bisa memperburuk rosacea. Dilansir dari Hello Sehat, rosacea adalah penyakit kulit yang ditandai dengan peradangan berupa ruam kemerahan pada wajah. Ruam kemerahan ini biasa tampak di area hidung, dagu, pipi, dan dahi.

Para peneliti menemukan bahwa banyak orang dengan rosacea mengalami peningkatan kemerahan pada kulitnya setelah makan pedas, minum alkohol, atau minum minuman panas.

5. Pasta

Sama halnya dengan roti, pasta juga termasuk karbohidrat olahan yang tinggi indeks glikemiknya. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 di Journal of the American Academy of Dermatology menemukan bahwa ada hubungan antara jerawat dengan makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi.

Jadi, pastikan Anda mengurangi konsumsi karbohidrat olahan dan perbanyak makan makanan utuh jika tidak ingin kulit meradang dan berjerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News