Menurunkan Kolesterol Dalam Darah dengan Konsumsi Temulawak

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 26 September 2021 | 07:05 WIB
Menurunkan Kolesterol Dalam Darah dengan Konsumsi Temulawak

MOMSMONEY.ID - Temulawak adalah salah tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Memiliki nama latin Curcuma Xanthorrhiza, tanaman herbal ini sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia akan manfaatnya.

Temulawak juga sering dibudidayakan di dataran tinggi untuk diolah menjadi suplemen atau dijual langsung. Manfaat temulawak telah terbukti dalam pengobatan tradisional China. Banyak yang menggunakan temulawak dalam bentuk krim sebagai obat anti peradangan serta penyembuh luka. 

Penelitian menyebut temulawak juga memiliki kemampuan melindungi organ hati (hepatoprotect), antiinflamasi, antikanker, antidiabetes, antimikroba, antihiperlipidemia, anti kolera, hingga antibakteri, dikutip dari Healthline. Berikut manfaat lain temulawak yang bisa Anda ketahui sebagai berikut.

Baca Juga: Mengatasi Masalah Jerawat, 5 Manfaat Asam Jawa Untuk Kecantikan Kulit

1. Menurunkan kolesterol dalam darah

Salah satu manfaat dari temulawak adalah untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa temulawak berpotensi menjadi obat antikolesterol. Pasalnya, konsumsi temulawak selama 4 minggu berturut-turut terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol total di dalam darah. 

2. Obat antiradang

Temulawak mengandung senyawa antiradang yang bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan. Oleh karena itu, kandungan antiradang di dalamnya membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi. 

3. Menyehatkan saluran pencernaan

Temulawak banyak dikonsumsi oleh penderita masalah saluran cerna, misalnya irritable bowel syndrome (IBS) yang ditandai dengan perut kembung berisi gas. Manfaat temulawak untuk lambung didapat dari sifat antioksidan mereka yang dapat menangkal pengaruh radikal bebas yang merusak mukosa lambung. 

Selain itu, menurut Pusat Informasi Obat Nasional, minyak temulawak ternyata juga bermanfaat sebagai antispasmodik, golongan obat yang memiliki sifat sebagai relaksan otot polos. Obat antispasmodik ini biasanya dimanfaatkan untuk mengatasi kondisi IBS.  

4. Mengatasi osteoarthritis

Manfaat temulawak lainnya, yaitu membantu pasien yang mengalami osteoarthritis. Osteoarthritis adalah penyakit sendi degeneratif, di mana sendi-sendi menjadi terasa sakit dan kaku.  

Hal ini juga dibuktikan dalam sebuah jurnal yang diterbitkan di dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine. Dalam jurnal tersebut menunjukkan bahwa efek temulawak hampir sama seperti efek ibuprofen (obat penghilang rasa sakit) yang diberikan pada pasien osteoarthritis.

5. Mencegah serta membantu pengobatan kanker

Walaupun masih sangat sedikit penelitian yang tersedia terkait manfaat temulawak dengan pengobatan kanker, beberapa ahli percaya akan khasiat tanaman ini. Temulawak dapat berguna untuk membantu pengobatan kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus.  

Manfaat temulawak ini didukung dengan sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2001, yang menyatakan bahwa temulawak dapat menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker prostat.

Para peneliti dari University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa bahan-bahan herbal mungkin bisa membantu menghentikan pertumbuhan kanker berkat zat antioksidan yang terkandung di dalam obat herbal, termasuk temulawak. 

Baca Juga: Manfaat Kunyit, Mulai Meredakan Sembelit Sampai Mencegah Penyakit Jantung

Untuk merasakan manfaat temulawak ini, Anda dapat merebus dan meminum air rebusan temulawak tersebut. Atau jika ingin daya simpan yang lebih lama, temulawak dapat dikeringkan di bawah sinar matahari atau menggunakan oven, kemudian digiling dan disimpan dalam bentuk bubuk.

Selanjutnya: Gunakan Bahan-Bahan Alami Ini untuk Menyembuhkan Anosmia

Editor: Helvana Yulian
Terbaru