Bugar

Menu Viral untuk Diet, Kenali Manfaat Shirataki yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Menu Viral untuk Diet, Kenali Manfaat Shirataki yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat shirataki yang baik untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, biar bisa memaksimalkannya untuk menu diet sehat.

Sepertinya, nama shirataki sudah tak asing lagi saat ini. Ini menjadi alternatif pengganti nasi putih yang digemari para pejuang diet dalam menurunkan berat badan. 

Melansir Japan Centre, shirataki merupakan makanan tradisional asal Jepang yang bebas gluten dan rendah kalori. 

Terbuat dari glukomanan yang berasal dari shirataki atau sejenis ubi-ubian yang tinggi karbohidrat sebagai pengganti nasi putih. 

Manfaat shirataki jika dikonsumsi secara rutin sangat baik untuk kesehatan dan cocok untuk menu diet sehat yang bisa Anda coba.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat yang Bisa Dicoba

Mengutip dari Mayo Clinic, inilah manfaat shirataki yang baik untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Melancarkan BAB

Manfaat shirataki yang baik untuk kesehatan tubuh pertama adalah mampu membantu melancarkan BAB. 

Karena kandungan seratnya, manfaatnya cukup baik untuk pencernaan, sehingga ini melancarkan proses buang air besar hingga 30%. 

Sebuah studi bernama Journal of American College of Nutrition menemukan manfaat dari glukomanan yang ada pada shirataki dapat mencegah sembelit. 

Studi tersebut menunjukkan, menambahkan glukomanan ke diet rendah serat dapat meningkatkan jumlah bakteri probiotik dalam feses. 

2. Menurunkan kadar kolestrol

Manfaat shirataki yang baik untuk kesehatan tubuh kedua adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Food Reviews International menemukan, ada kaitan antara penurunan kolestrol dengan konsumsi shirataki secara rutin.

Manfaatnya yakni dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Kandungan shirataki dan gukomanan dilihat memiliki efek menguntungkan pada kolesterol jahat dan kolestrol baik. Makanan ini dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. 

3. Membuat rasa kenyang lebih lama

Manfaat shirataki yang baik untuk kesehatan tubuh ketiga adalah membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa mengontrol makan. 

Tinggi serat pada shirataki membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sehingga ini menahan kita untuk keinginan ngemil di sela-sela waktu makan. 

Bahan dasar shirataki 'mengembang' di perut dan menahan kita dari rasa lapar sehingga bisa menahan perut dari rasa lapar lebih lama.

Menurut studi dalam National Library of Medicine, menambahkan serat glukomanan 1.200 kalori ke makanan memicu penurunan berat badan yang lebih banyak. 

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes

4. Sumber prebiotik yang tinggi

Manfaat shirataki yang baik untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah memiliki akndungan prebiotik yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan. 

Serat glukomanan dalam shirataki dapat berperan sebagai prebiotik. Prebiotik adalah zat yang memberi makan bakteri dan bermanfaat untuk usus besar dalam tubuh. 

International Journal of Biological Macromolekules mencatat, glukomanan tidak terurai di perut, sehingga dapat menjadi sumber makanan bagi flora usus. 

Pertumbuhan bakteri usus ini mempengaruhi kesehatan manusia. Tapi, kehadiran bakteri ini juga cukup penting bagi pencernaan dan penyerapan nutrisi. 

Itulah beberapa manfaat shirataki yang baik untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, agar bisa memaksimalkannya untuk menu diet sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News