HOME, Bugar

Menu Sehat Menyambut Lebaran yang Bisa Dicoba di Rumah

Menu Sehat Menyambut Lebaran yang Bisa Dicoba di Rumah

MOMSMONEY.ID - Lebaran identik dengan makanan bersantan dan berlemak. Meski begitu, bukan mustahil menyajikan menu lebaran sehat sekaligus lezat.

Pemilihan bahan makanan dan cara mengolah menjadi kuncinya. Tentu sangat sayang rasanya melewatkan rendang, opor ayam, sayur labu, hingga sambal goreng hati sapi untuk Lebaran.

Meski bisa memakannya pada hari lain, euforia yang muncul saat menyantapnya bersama dengan keluarga di hari Idul Fitri mestilah berbeda.

Agar tak bosan dan tetap sehat, ada berbagai cara dan inspirasi menu Lebaran yang bisa Anda coba untuk hari raya esok. 

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan yang Sering Kambuh Saat Berpuasa

Dilansir dari Web MD, inilah beberapa menu sehat menyambut lebaran, yang bisa di coba di rumah, antara lain: 

1. Sup

Menu sehat menyambut lebaran yang pertama adalah sup. Anda mungkin bisa mempertimbangkan membuat sup untuk hidangan Lebaran Anda.

Anda bisa mengurangi asupan santan. Makanan bersantan biasanya mengandung lebih banyak lemak. Bahaya santan juga dapat meningkatkan risiko naiknya kolesterol dalam tubuh.

2. Salad sayur

Menu sehat menyambut lebaran yang kedua adalah salad sayur. Kehadiran sayur mungkin paling jarang terlihat saat hari raya.

Padahal, Anda tetap membutuhkan sayur untuk mencegah masalah pencernaan saat Lebaran yang kerap menjadi keluhan.

Selain sebagai makanan pembuka, salad sayur juga bisa menjadi pilihan yang tepat usai makan makanan bersantan, karena citarasanya yang cenderung lebih ringan.

3. Sate

Menu sehat menyambut lebaran yang ketiga adalah sate. Ini bisa menjadi alternatif makanan Lebaran yang biasanya kaya santan dan lemak.

Sebagaimana dilansir dari Harvard Medical School, daging yang dibakar dengan suhu tinggi dapat menciptakan senyawa yang bersifat karsinogen, alias memicu kanker.

Sebaiknya, bakarlah daging untuk waktu yang lebih lama dengan suhu yang lebih rendah.

Baca Juga: 5 Manfaat Olahraga Plank Saat Berpuasa

4. Buah-buahan

Menu sehat menyambut lebaran yang keempat adalah buah-buahan. Selain menyehatkan, Anda juga bisa menyajikan buah-buahan sebagai menu dessert Lebaran.

Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan. Dengan makan buah, Anda juga dapat mengontrol porsi makan ketika Lebaran agar tidak berlebihan.

5. Daging tanpa lemak

Menu sehat menyambut lebaran yang kelima adalah daging tanpa lemak. Daging memang tak bisa lepas dari menu Lebaran.

Agar tetap sehat, Anda bisa menyiasatinya dengan memilih daging tanpa lemak untuk hidangan Lebaran.

Daging berlemak biasanya mengandung lemak jenuh. Konsumsi lemak jenuh terlalu banyak dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Jika kadar kolesterol mmeningkat, risiko penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) juga ikut meninggi.

Anda juga mungkin bisa mempertimbangkan pengganti santan yang lebih rendah lemak saat memasak hidangan Lebaran Anda. 

Perhatikan pula porsi makan Anda agar tidak kalap dan berakibat buruk bagi kesehatan. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mengetahui nutrisi terbaik yang bisa jadi alternatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News