HOME, Bugar

Menu MPASI Sehat untuk Bayi 8-12 Bulan, Praktis!

Menu MPASI Sehat untuk Bayi 8-12 Bulan, Praktis!

MOMSMONEY.ID - Di usia 12-18 bulan, anak sudah mulai bisa mengonsumsi makanan yang hampir sama dengan yang ibu dan anggota keluarga lain makan sehari-hari. 

Pada usia ini juga, anak sudah mulai tahu selera lidahnya, apa yang ia suka dan tidak suka. Enggak heran kalau anak mulai lebih pemilih soal makanan.

Menurut badan kesehatan dunia atau WHO, menu makanan untuk bayi 8 bulan sebaiknya diawali dengan tekstur lumat seperti bubur.

Baca Juga: Inilah Rekomendasi Menu MPASI Terbaik untuk Bayi 6 Bulan Pertama

Berikut inspirasi menu MPASI sehat untuk bayi 8-12 bulan yang sehat dan praktis, bisa Anda coba di rumah: 

1. Nasi tim tofu wortel

Menu MPASI sehat untuk bayi 8-12 bulan pertama adalah nasi tim tofu wortel. Anda bisa membuat campuran nasi tim dengan tofu dan wortel.

Cara membuat menu makan siang ini juga sama seperti menu sarapan. Proses memasak tofu dan wortel bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti dikukus, direbus, maupun ditumis dengan sedikit minyak. 

2. Kentang dengan daging cincang dan brokoli

Menu MPASI sehat untuk bayi 8-12 bulan kedua adalah kentang dengan daging cincang dan brokoli. 

Menu makanan sarapan yang bisa Anda olah untuk bayi 8 bulan misalnya kentang dengan daging cincang dan brokoli. Beri penambahan gula garam pada makanan bayi ditujukan agar bayi lebih semangat makan.

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi BAB Bayi Berdarah

3. Nasi tim kacang merah

Menu MPASI sehat untuk bayi 8-12 bulan ketiga adalah nasi tim kacang merah. Sama halnya dengan mengolah makanan bayi, menu makan malam ini juga harus Anda haluskan sampai teksturnya lumat.

Beberapa jam setelah makan selesai makan malam, bayi mungkin akan merengek atau menangistanda masih lapar.

Agar tangisnya mereda, Anda bisa memberikan ASI pada bayi denganmenyusu langsung di payudaramaupun mengambil persediaan yang telah disimpan.

Inilah beberapa menu MPASI sehat untuk bayi 8-12 bulan praktis dan bisa dicoba di rumah.

Jika anak mengalami masalah pencernaan atau alergi terhadap makanan tertentu, segera hubungi dokter dan konsultasikan menu yang cocok untuk tumbuh kembang anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News