HOME, Bugar

Menstruasi Tidak Lançar? Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Melancarkan

Menstruasi Tidak Lançar? Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Melancarkan

MOMSMONEY.ID - Menstruasi kerap menjadi masalah yang mengganggu bagi sebagian besar perempuan karena akan mengakibatkan pikiran tidak tenang dan masalah lainnya.

Pasalnya, tidak semua perempuan menjalani menstruasi secara normal, seperti periode yang lancar dan tanpa masalah yang berarti seperti kram perut hingga mual dan muntah.  

Bahkan, beberapa perempuan mengaku, menstruasi kerap menjadi momok, karena rasa sakitnya yang dapat mengganggu aktivitas. 

Siklus menstruasi atau haid yang tidak lancar bisa menandakan banyak hal, seperti gangguan hormon hingga kesuburan.  

Untuk mengatasinya, Anda perlu berkonsultasi ke dokter serta mulai mengonsumsi makanan yang melancarkan haid. 

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Inilah Gejala Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Dilansir dari Women Health, inilah beberapa makanan yang bisa membantu melancarkan menstruasi, antara lain:

1. Kacang almond

Makanan yang bisa membantu melancarkan menstruasi pertama adalah kacang almond jika dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan. 

Kacang almond dan kenari menjadi camilan yang pas jika kamu ingin mendapatkan menstruasi lancar tanpa adanya gejala yang menyiksa setelahnya. 

Laman Women Health mengungkapkan, kedua jenis kacang ini kaya serat dan protein yang baik untuk melancarkan menstruasi dan meningkatkan kesuburan.  

2. Sayuran hijau

Makanan yang bisa membantu melancarkan menstruasi kedua adalah sayuran hijau. 

Perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, biasanya akan diresepkan atau disarankan untuk mengonsumsi vitamin B.

Sebab, selain bisa membantu meredakan gejala PMS, vitamin ini juga dipercaya bisa melancarkan haid. Selain dari suplemen, vitamin B juga bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan asparagus. 

3. Kacang kedelai

Makanan yang bisa membantu melancarkan menstruasi ketiga adalah kacang kedelai jika dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan.

Salah satu penyebab Anda mengalami haid tidak lancar adalah perubahan serta terjadinya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. 

Anda juga dapat mengonsumsi kacang kedelai untuk membantu agar haid cepat keluar dan lancar. 

Kedelai mempunyai kandungan yang kaya protein, vitamin, mineral, serta fitoestrogen berupa isoflavon. Kandungan isoflavon inilah yang dapat memengaruhi kadar estrogen. 

Baca Juga: 5 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Membantu Mengurangi Gangguan Menstruasi

4. Buah Nanas

Makanan yang bisa membantu melancarkan menstruasi keempat adalag buah nanas. Nanas memiliki kandungan bromelain enzim yang dipercaya memengaruhi estrogen dan hormon lainnya.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of the Pakistan Medical Association menunjukkan bahwa bromelain membantu mengurangi peradangan. 

Ini artinya, nanas membantu memerangi penyebab terlambatnya menstruasi karena peradangan atau inflamasi.  

5. Ikan salmon

Lemak sehat seperti asam lemak tak jenuh ganda yang didapatkan dari salmon, dinilai dapat mendukung keseimbangan produksi hormon dan membantu melancarkan proses pembuahan atau ovulasi. Sl 

Selain salmon, sumber lemak sehat lainnya antara lain flaxseed (biji rami), minyak sayur, dan kacang walnut.A gar cepat haid dan sirkulasinya lancar, Anda disarankan mengonsumsi makanan-makanan tersebut. 

Tapi sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News