HOME, Keluarga

Mensterilkan Kucing Peliharaan Ternyata Memiliki Beberapa Manfaat. Ini Penjelasannya!

Mensterilkan Kucing Peliharaan Ternyata Memiliki Beberapa Manfaat. Ini Penjelasannya!

MOMSMONEY.ID - Mensterilkan alucing adalah proses yang dilakukan oleh dokter hewan untuk membuatnya mandul. Ketika kucing jantan disterilkan, prosesnya disebut sterilisasi. Sementara kucing betina disebut spaying.

Sayangnya, masih banyak pemilik kucing yang khawatir untuk mensterilkan kucing mereka. Kekhawatiran itu tidak salah karena mungkin Anda kasihan. Akan tetapi, Anda perlu tahu bahwa mensterilkan kucing ternyata memiliki kelebihan yang sangat bermanfaat, bahkan untuk kucing Anda sendiri.

Dilansir dari Hillspet.com, berikut 5 manfaat mensterilkan kucing.

Baca Juga: Meski Nyaman, 6 Lokasi Persembunyian Ini Berbahaya untuk Kucing Peliharaan

Mencegah Penyakit

Mensterilkan kucing betina sebelum siklus estrus pertamanya (mampu berkembang biak) sangat mengurangi risiko kanker serviks dan menghilangkan risiko kanker ovarium. Ini karena pengangkatan indung telur mengurangi kadar hormon yang mendorong pertumbuhan tumor kanker. Selain kedua itu, mensterilkan juga mengurangi risiko kanker payudara pada kucing.

Sementara untuk kucing jantan, mensterilkan akan menekan keinginan kucing untuk memperebutkan pasangan dan wilayah, ini akan mengurangi kemungkinan kucing tertular penyakit yang tidak dapat disembuhkan seperti AIDS (penyakit ini tidak dapat ditularkan dari kucing ke manusia).

Memperpanjang Umur Hewan

Sterilisasi kucing akan meningkatkan kesempatannya untuk hidup lebih lama dan lebih sehat. Peningkatan hidup ini rata-rata 3 hingga 5 tahun untuk kucing. Alasannya, kucing yang disterilkan akan memiliki risiko yang lebih rendah atau tidak berisiko sama sekali terkena tumor/kanker kelenjar susu, kanker prostat, tumor perianal, piometria, kanker rahim, kanker ovarium, dan testis.

Mengurangi Risiko Roaming

Saat kucing betina berahi, hormon dan instingnya mendesak untuk mencari jodoh. Jika dia adalah satu-satunya kucing Anda, dia pasti akan mencoba melarikan diri setiap kali Anda membuka pintu rumah. Kucing jantan tentu juga akan melakukan hal yang sama.

Mensterilkan kucing akan mengurangi keinginannya untuk berkeliaran dan mengurangi risiko cedera karena mereka tak ahli bertahan hidup di luar rumah. Cedera ini bisa berbentuk kecelakaan kecil, tertabrak kendaraan, dan bahkan perkelahian antar hewan.

Baca Juga: Alasan Kucing Peliharaan Menjadi Agresif

Mengurangi Kelebihan Populasi Hewan Pendamping

Dilansir dari Animalleague.org, sebagian besar negara memiliki kelebihan hewan pendamping dan dipaksa untuk menidurkan atau mengabaikan penderitaan mereka. Menurut American Society for The Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), 3,4 juta kucing memasuki tempat penampungan setiap tahun. Mensterilkan hewan akan membantu mengurangi penderitaan mereka yang kelebihan populasi.

Bagi para pemilik hewan, ini akan membantu untuk fokus memaksimalkan perawatan pada jumlah kucing yang dimilikinya saja. Dengan begitu, kucing akan lebih nyaman hidup, begitu pula Anda yang bisa menghemat pengeluaran untuk perawatan kucing.

Rumah Bersih

Kucing jantan memiliki kebiasaan menyemprotkan urin (spraying) mereka pada permukaan vertikal untuk menandai wilayah mereka. Bau menyengat dari urin kucing ini akan memperingatkan pejantan lain bahwa ada kucing yang telah mengklaim daerah itu sebagai wilayahnya. Sementara kepada kucing betina, ini memberi tahunya bahwa si kucing menunggu kesempatan untuk kawin dengannya.

Selama kucing ini adalah kucing rumahan milik Anda, Anda tentu tahu risiko apa yang terjadi pada rumah Anda. Mensterilkan kucing akan menekan keinginannya untuk kawin, sehingga tingkah laku spraying ini dapat teratasi.

Dengan memandulkan kucing betina, Anda juga akan menghilangkan masalah yang sama. Kucing betina biasanya akan mengeluarkan cairan tubuh untuk menarik pasangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News