Bugar

Menkes Budi Gunadi: Ini 3 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Menkes Budi Gunadi: Ini 3 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

MOMSMONEY.ID - Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar menjadi hal yang penting, terutama agar terhindar dari berbagai penyakit. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membagikan tiga tips untuk masyarakat agar menerapkan pola hidup lebih sehat.

“Untuk sehat itu perlu ada usaha dan ilmunya. Saya kasih 3 tips mudah agar sehat. Ini harus kita terapkan dengan konsisten, karena akan membuat hidup kita lebih baik,” kata Budi dalam keterangan tertulis dikutip Jumat (21/10).

Pertama, mengatur pola makan sesuai kebutuhan. Menurut Budi, pola makan sehat akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya. Untuk itu perlu mengatur dan menjaga setiap makanan yang dikonsumsi.

Jumlah porsi yang disajikan dalam satu kali makan harus sesuai dengan isi piringku, yakni dalam porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari 50% buah dan sayur, dan 50% sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

Lalu lengkapi piring dengan membatasi gula, garam dan lemak. Jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh serta mencuci tangan tangan pakai sabun.

Baca Juga: Catat! 5 Rempah Ini Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Budi juga mengatakan, makan pun harus diatur sesuai umur. Untuk bayi, protein hewani seperti telur dan susu harus diperbanyak.

"Untuk usia dewasa sebaliknya, untuk karbohidrat mulai kurangi dan diatur supaya tidak menimbulkan penyakit diabetes dan obesitas,” kata Budi.

Kedua, rutin melakukan aktivitas fisik selama 30 menit sehari demi menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Menurut Budi, ini tak harus menggunakan alat-alat canggih, tetapi bisa dengan hal-hal sederhana. Bisa dengan bersepeda, lari, jalan sehat dan lainnya.

Ketiga, rutin melakukan pengecekan kesehatan terutama 3 penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia yakni jantung, stroke, dan kanker. Ini lantaran ketiga penyakit tersebut seringkali datang tanpa keluhan, penderita baru mengetahui dirinya mengidap penyakit serius saat kondisinya sudah parah dan menderita komplikasi.

Pemeriksaan kesehatan ini juga penting untuk  mengetahui kondisi kesehatan seseorang secara umum. Bila ditemukan tanda awal sebuah penyakit serius bisa terdeteksi dan ditangani langsung, sehingga kemungkinan sembuhnya lebih tinggi.

Periksa setidaknya 6 bulan atau 1 tahun sekali. "Misalnya perempuan paling banyak kanker payudara harus dicek sejak awal. Kalau jantung harus periksa kolesterol, ini di cover BPJS. Lalu stroke, periksa tekanan darah jangan sampai di atas 140/90 mmHg,” saran Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News