HOME, Bugar

Menjaga Kesehatan Vagina dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Menjaga Kesehatan Vagina dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Ini

MOMSMONEY.ID - Vagina adalah organ reproduksi wanita yang memiliki fungsi sangat penting. Jika tidak dirawat dengan baik, vagina akan berisiko mengalami gangguan yang bisa memengaruhi tingkat kesuburan, aktivitas seksual, hingga kondisi kesehatan lainnya.

Vagina yang sehat dan terawat memiliki tingkat keasaman (pH) yang seimbang, dan terbebas dari risiko infeksi.

Melansir Healthline, beberapa jenis makanan tertentu memang terbukti dapat menunjang kesehatan vagina. Beberapa makanan yang memiliki manfaat tersebut, di antaranya sebagai berikut. 

Baca Juga: Cara Menghitung Siklus Menstruasi dan Masa Subur yang tepat

1. Sayuran berdaun hijau

Hampir semua kebaikan dapat dihadirkan oleh sayuran hijau, tak terkecuali untuk menjaga kesehatan vagina. Faktanya, sayuran berdaun hijau gelap kaya akan vitamin E, magnesium, dan kalsium.

Kesemua komponen gizi tersebut dapat menjaga kesehatan otot di dalam tubuh, termasuk otot vagina.  Selain itu, kandungan gizi yang ada pada sayuran berdaun hijau gelap juga dapat membantu mengoptimalkan sirkulasi darah.

Berkat sirkulasi darah yang baik, seorang wanita bisa terhindar dari kondisi vagina kering. 

2. Apel

Buah apel mengandung phloridzin, yaitu salah satu senyawa kimia tumbuhan yang bekerja seperti hormon estrogen, sehingga dapat melancarkan aliran darah pada vagina dan menjaga kesehatan vagina.

Selain itu, senyawa ini juga diduga dapat meningkatkan libido dan menunjang fungsi reproduksi wanita. 

3. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin B6, serta kalium. Ketiga nutrisi ini diketahui dapat memperkuat otot dinding vagina, mengatasi vagina kering, dan meningkatkan libido.

Tidak hanya itu, buah yang nikmat disajikan sebagai jus ini juga diketahui dapat meningkatkan keberhasilan program bayi tabung, lho. 

Baca Juga: Makanan yang Bisa Membantu Meningkatkan Gairah pada Wanita

4. Kedelai

Kedelai mengandung fitoestrogen, yang merupakan senyawa dengan fungsi mirip hormon estrogen wanita. Berkat kandungan tersebut, kedelai mampu mencegah terjadinya vagina kering.

Studi menyebut, mengonsumsi kedelai yang diolah secara minimal seperti edamame, tahu, dan tempe juga mampu menjaga kesehatan kulit dan pembuluh darah pada wanita pascamenopause. 

5. Ubi

Ubi kaya akan beta karoten dan vitamin A. Nutrisi ini diketahui dapat membantu memperkuat jaringan otot pada dinding rahim dan vagina, meningkatkan kesuburan, serta membantu memproduksi hormon seks

Selain itu, ubi juga menjadi makanan yang direkomendasikan bagi para wanita dengan PCOS.

Selanjutnya: Kenali Gejala dan Pencegahan Infeksi Saluran Kencing Pada Perempuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News