HOME, Keluarga

Mengurangi Sampah Makanan, Pahami 4 Jenis Makanan Yang Mudah Basi

Mengurangi Sampah Makanan, Pahami 4 Jenis Makanan Yang Mudah Basi

MOMSMONEY.ID - Masihkan anda membuang makanan? Kita sadari atau tidak, sisa makanan tersebut akan menambah jumlah sampah makanan di Indonesia.

Berdasarkan laporan berjudul “Fixing Food: Towards the More Sustainable Food System” yang dirilis The Economist pada 2011.

Indonesia menduduki peringkat kedua di dunia sebagai negara penghasil sampah makanan. Disebutkan bahwa rata-rata orang Indonesia membuang pangan sekitar 300 kilogram setiap tahunnya.

Membaca hal tersebut cukup memprihatinkan dimana masih ada masyarakat Indonesia yang kelaparan dan kekurangan gizi. Dengan begitu, segera ambil langkah untuk mengurangi sampah makanan di Indonesia.

Baca Juga: Resep Otak-Otak Tahu, Cemilan Enak Untuk Keluarga

Salah satu cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan memperhatikan jenis makanan yang anda miliki. Sebab ada jenis makanan yang jika tidak habis masih dapat disimpan dan dikonsumsi lagi. 

Tetapi ada juga jenis makanan tidak bisa bertahan lama dan harus segera dikonsumsi setelah membeli.

Ada apa saja, ya? Pahami  4 jenis makanan yang mudah basi dilansir dari Wonder Food Indonesia:

1. Roti

Anda tentu sudah tahu, roti memiliki tanggal kedaluwarsa. Roti tidak bisa bertahan cukup lama. Jadi, Anda disarankan untuk segera mengonsumsi roti sebelum batas akhir masa kadaluarsa. Waktu bertahan roti setelah dibeli biasanya sekitar 3 hari atau sebelum tanggal kedaluwarsanya.

2. Makanan bersantan

Risiko santan terkena basi cukup besar. Santan diketahui memiliki kandungan lemak tinggi atau lebih dari 30%.

Santan merupakan bahan makanan yang tidak terlalu asam, tetapi memiliki kadar air tinggi sehingga hal tersebut memicu cepatnya aktivitas mikroba yang dapat merusak makanan.

Baca Juga: Awas rusak! Ini cara yang tepat menyimpan ASI biar awet

Nah, sebaiknya Anda segera menghabiskan makanan yang mengandung santan sebelum basi.  Jika Anda ingin menyimpannya, letakkan dalam kulkas, lalu saat ingin dikonsumsi lagi panaskan sampai mendidih.

3. Produk daging dan ikan laut

Produk daging dan ikan tidak bisa bertahan lama di suhu ruangan biasa.  Agar produk tersebut dapat bertahan lama, Anda bisa memasukannya ke dalam frezeer.

4. Susu dan makanan olahan dari susu

Produk susu mudah sekali rusak. Susu sendiri tidak mengandung zat anti bakteri sehingga susu mudah sekali menjadi basi.

Dalam kondisi mentah, susu dan produk olahan lainnya harus segera disimpan di dalam lemari pendingin dan nggak boleh disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Apalagi jika susu atau produk olahannya sudah dibuka dalam maktu 2x24 jam, sebaiknya Anda harus segera menghabiskannya.

Itulah 4 jenis makanan yang mudah basi. Sebaiknya, Anda harus lebih cermat dan teliti ketika mengkonsumsinya Sehingga, Anda tidak akan bingung lagi dan tahu apa yang harus dilakukan dan kapan sebaiknya makanan tersebut dihabiskan.

Selain itu, beli bahan pangan secukupnya, masak secukupnya dan jika ada makanan berlebih bisa berbagi dengan orang sekitar.

Mari mulai kurangin sampah makanan dari rumah tangga Anda. 

Selanjutnya: Resep Kopi ala Kafe Selama PPKM, Wajib Coba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News