HOME, Bugar

Mengonsumsi Lobak Putih Bisa Atasi Tekanan Darah, Benarkah?

Mengonsumsi Lobak Putih Bisa Atasi Tekanan Darah, Benarkah?

MOMSMONEY.ID - Lobak putih termasuk ke dalam jenis sayuran umbi-umbian dengan jenis umbi akar. Ia tumbuh membesar dan membentuk cadangan makanan di dalam akar.

Lobak putih itu sendiri memiliki bentuk dan warna yang berbeda-beda. Ada lobak yang berbentuk panjang dan menyempit di ujung, ada pula yang bentuknyapendek dan bulat. Warnanya pun bervariasi, yakni merah, putih, hitam, kuning, merah muda, atau ungu. 

Ternyata, lobak memiliki segudang kandungan manfaat yang tidak disangka-sangka, lo! Dilansir dari Taste of Home, lobak putih kaya akan serat. Serat itu sendiri memiliki fungsi untuk membantu mengatur kadar gula dalam tubuh.

Baca Juga: Dinobatkan Jadi Makanan Tersehat di Dunia, Kimchi Punya Segudang Khasiat Buat Tubuh

Hal yang sama juga dikatakan oleh Healthline bahwa kandungan potassium, antioksidan, mineral, dan kalsium yang tinggi juga turut berperan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Lobak putih juga nyatanya merupakan sumber nitrat alami yang mampu meningkatkan aliran darah.

Selain itu, lobak putih juga mampu mendukung pertumbuhan kolagen dalam tubuh. Kolagen itu sendiri memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh maupun untuk kulit. Manfaat bagi tubuh ialah dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat, sedangkan bagi kulit, ia dapat menambah kekenyalan kulit.

Baca Juga: Bad Mood? Coba Konsumsi Makanan Ini Untuk Perbaiki Mood

Lobak putih ini mampu mengendalikan kerusakan sel darah merah dan membantu meningkatkan suplai oksigen ke darah. Jika anda mengonsumsi lobak putih, anda akan mendapatkan begitu banyak manfaat yang bisa anda rasakan. Hal ini disebabkan karena dalam 100 gram lobak putih yang berkalori sebanyak 15 kcal, memiliki kandungan di antaranya:

  • Jumlah lemak 0,1 gram
  • Kolestrol 0 mg
  • Natrium 39 mg
  • Kalium 233 mg
  • Serat pangan 1,6 gram

Baca Juga: Daftar Makanan Rendah dan Tinggi Purin yang Perlu Disimak Penderita Asam Urat

  • Gula 1,9 gram
  • Protein 0,7 gram
  • Vitamin B6 0,1 mg
  • Vitamin B12 0 µg
  • Vitamin C 14,8 mg
  • Magnesium 10 mg
  • Kalsium 25 mg
  • Zat besi 0,3 mg

Jadi, faktanya memang benar bahwa lobak putih mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini disebabkan lobak putih kaya akan potassium atau biasa disebut sebagai Kalium.

Baca Juga: 5 Makanan yang Menutrisi Kulit dari Dalam, Ciptakan Kulit Sehat dan Terawat

Menurut Ayurveda, ilmu kesehatan tradisional dari India yang MomsMomoney kutip dari Food NDTV menyebutkan bahwa lobak putih dipercaya dapat memiliki efek pendinginan.lobak putih ini mampu mendinginkan aliran darah dan menjaga aliran darah tetap terkendali. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lobak putih memang mampu mengaasi tekanan darah tinggi.

Bagi anda yang menderita hipertensi, MomsMoney sarankan anda untuk memperbanyak mengonsumsi sayur lobak putih ini. Anda juga bisa mengkreasikan lobak putih ini menjadi berbagai jenis masakan seperti sayur bening, tumis lobak putih, ataupun diolah menjadi makanan korea bernama danmuji.

Anda bisa mengonsumsi lobak putih ini selama sebulan penuh dan rasakan sendiri perubahannya dalam tubuh. Anda akan jauh merasa lebih sehat dan kadar tekanan darah semakin menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News