HOME, Keluarga

Menginjak Usia 1 Bulan, Anak Kucing Boleh Konsumsi Makanan Ini

Menginjak Usia 1 Bulan, Anak Kucing Boleh Konsumsi Makanan Ini

MOMSMONEY.ID - Anak kucing yang baru lahir, biasanya akan mendapatkan makanan dan nutrisi dari ASI induknya. Pemberian ASI ini akan berlangsung hingga anak kucing berumur 4 minggu atau 1 bulan. Saat usia 1 bulan ini, anak kucing mulai disapih dan boleh makan makanan selain ASI induknya.

Anak kucing yang dipelihara tentu tak bisa mencari makanannya sendiri atau menunggu induknya memberikan hewan buruan, maka sebagai pemilik, Anda harus menyediakan makanan yang tepat untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya.

Nutrisi yang dibutuhkan anak kucing adalah kalori, protein, asam lemak omega, multivitamin, mineral, dan fosfor. Nah, ini jenis-jenis makanan yang boleh dimakan anak kucing usia 1 bulan.

Baca Juga: Menarik Ekor Dapat Sebabkan Kelumpuhan Pada Kucing

Makanan Basah Kemasan (Wet Food)

Makanan basah adalah jenis yang tepat untuk mengenalkan makanan kepada anak kucing. Ada banyak merek makanan kucing yang menawarkan jenis makanan basah.

Bahkan, makanan basah dari banyak merek tersebut memang diformulasikan dengan tepat untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan anak kucing. Makanan basah telah mengandung protein, vitamin, mineral, dan unsur-unsur lainnya.

Namun, Anda harus teliti dalam mengecek kemasan sebelum membelinya. Sebab, makanan basah juga diperuntukan untuk kucing dewasa. Sesuaikan usia kucing dalam memilih kemasan makanan ini. Lalu, mengecek kadaluwarsa juga jangan sampai terlewat.

Susu Khusus Anak Kucing

Beberapa induk kucing akan menyapih anaknya lebih cepat. Jika anak kucing masih canggung dalam memakan makanan basah, Anda dapat menyelinginya dengan memberikan kucing susu khusus kucing sebagai tambahan.

Saat memberikan susu, Anda dapat menggunakan botol susu kucing, alat suntik tanpa jarum, atau pipet. Teteskan susu secara perlahan ke mulut kucing sebagai permulaan. Jika kucing sudah terbiasa dan menyukainya, Anda dapat melanjutkan pemberian dengan botol susu.

Baca Juga: Tips Merawat Hewan Peliharaan yang Sudah Tua

Daging Ikan Rebus

Daging ikan bisa jadi ide yang baik untuk mengenalkan anak kucing makanan padat. Namun, sebelum memberikannya, Anda perlu mengolahnya terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri di dalamnya.

Anda dapat memotongnya kecil-kecil, membuang tulang, merebus tanpa bumbu, dan menghaluskannya sebelum diberikan kepada anak kucing. Awasi selalu bagaimana mereka makan. Sebab, anak kucing yang belum terbiasa makan bisa mengalami tersedak.

Ikan Kalengan

Makanan ikan kalengan bisa diberikan asal mereka tidak mengandung bumbu yang berat seperti bawang bombai, saus, bawang putih, dan zat beracun bagi kucing lainnya. Makanan kaleng dapat berupa sarden, tuna, dan salmon.

Tapi, untuk makanan kaleng ini, Anda tak bisa sembarangan memberikannya dan tidak boleh terlalu sering. Selain itu, dilansir dari RSPCA.org, Anda harus menghindari sosis dan daging olahan burger karena mereka dapat mengandung pengawet sulfit.

Selanjutnya: Cara Menangani Anjing Peliharaan dengan Perilaku Merusak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News