ads

Menghindari Lelah, Ini Tips Membersihkan Rumah Saat Ramadan

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 10 April 2022 | 12:35 WIB
Menghindari Lelah, Ini Tips Membersihkan Rumah Saat Ramadan


MOMSMONEY.ID - Membersihkan rumah adalah salah satu kegiatan yang umumnya dihindari orang-orang saat sedang berpuasa di bulan Ramadan.

Tidak heran, sebab membersihkan dan merapikan rumah adalah kegiatan yang cukup menguras tenaga. Dalam kondisi berpuasa, membersihkan rumah bisa membuat Anda lebih cepat lapar, haus, dan lemas daripada biasanya.

Namun, rumah tentu akan semakin kotor dan tidak nyaman jika dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, di bulan Ramadan sekalipun, Anda tetap perlu menjaga kebersihan rumah. Anda hanya perlu memastikan kegiatan bersih-bersih dilakukan dengan efektif sehingga tak cepat membuat lelah.

Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Jamur di Lemari Pakaian, Mudah Dilakukan!

Bersihkan rumah di pagi hari

Mengutip laman Fashion Central, waktu terbaik untuk membersihkan rumah saat Ramadan adalah di pagi hari.

Mengapa? Sebab, di hari biasa, kegiatan di pagi hari mungkin disibukkan dengan menyiapkan sarapan dan merencanakan makan siang. Anda pun bisa memanfaatkan waktu kosong di pagi hari dengan membersihkan rumah.

Jika memungkinkan, Anda bahkan bisa mulai membersihkan rumah setelah sahur. Karena Anda baru saja menyantap sahur, energi untuk bersih-bersih rumah secara menyeluruh masih terisi penuh.

Buat jadwal mencuci pakaian

Supaya tidak terasa memberatkan di bulan Ramadan, Anda dapat menjadwalkan untuk mencuci pakaian secara rutin.

Dikutip dari laman Informa Indonesia, Anda tak perlu mencuci pakaian setiap hari. Cucilah pakaian setiap 2 atau 3 hari sekali di bulan Ramadan.

Jika Anda mencuci pakaian dengan tangan, jadwal tersebut akan jauh lebih hemat tenaga dibandingkan mencuci pakaian setiap hari. Di sisi lain, jika Anda mencuci pakaian dengan mesin cuci, mencuci pakaian setiap 2 atau 3 hari sekali akan membantu menghemat konsumsi listrik di rumah.

Baca Juga: Mau Melakukan Decluttering di Kamar Tidur? Simak Tipsnya di Sini!

Jangan menunda membersihkan rumah

Salah satu trik lainnya untuk meringankan pekerjaan bersih-bersih saat Ramadan adalah tidak menunda-nunda untuk membersihkan rumah.

Misalnya, jika ada barang berceceran atau lantai rumah yang berdebu, bersihkan dengan segera. Hal ini dapat membantu mengurangi tumpukan kotoran dan debu di seluruh rumah, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk membersihkan rumah.

Selain itu, dilansir dari laman aboutislam.net, Anda juga dapat membersihkan dapur sembari memasak untuk sahur dan berbuka puasa sehingga tidak akan dihadapkan oleh tumpukan alat masak kotor nantinya.

Baca Juga: Trik Membuat Dapur Terlihat Lebih Modern, Seperti Apa?

Ajak seluruh keluarga berpartisipasi

Terakhir, Anda dapat mengajak seluruh keluarga untuk berpartisipasi saat membersihkan rumah, terutama anak-anak.

Jika Anda memiliki anak-anak yang masih kecil, membersihkan rumah dapat membantu mereka belajar mengerjakan tanggung jawab. Membersihkan rumah juga dapat membantu mereka menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Selain itu, dengan membagi-bagi pekerjaan pada seluruh keluarga, kegiatan membersihkan rumah akan terasa lebih ringan.

Nah, itulah beberapa tips untuk menjaga kebersihan rumah selama berpuasa di bulan Ramadan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER