HOME, Keluarga

Mengenal Wall Panel, Papan Dinding yang Serbaguna untuk Rumah

Mengenal Wall Panel, Papan Dinding yang Serbaguna untuk Rumah

MOMSMONEY.ID - Selama ini, mungkin Anda hanya mengetahui penggunaan cat dinding atau wallpaper untuk mendekorasi dinding rumah.

Selain dua hal tersebut, ternyata ada satu lagi variasi penutup dinding yang perlu Anda ketahui, yaitu wall panel alias panel dinding.

Dibandingkan cat dinding atau wallpaper, wall panel menawarkan beberapa kelebihan yang dapat menguntungkan Anda. Namun, apa itu wall panel? Seperti apa konsep wall panel? Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Nah, supaya Anda tidak bingung, yuk simak artikel ini. Dirangkum dari Homelane, Courtina, dan Gharpedia, berikut penjelasan mengenai wall panel atau panel dinding.

Baca Juga: Yuk, Tengok Inspirasi Wallpaper Warna Pink yang Feminin dan Cantik Berikut Ini

Apa itu wall panel?

Sederhananya, wall panel merupakan lembaran-lembaran papan tipis yang dipasang pada dinding sehingga menutupi sebagian atau seluruh permukaan dinding.

Lembaran-lembaran papan ini biasanya memiliki bentuk atau corak yang dapat memberi tekstur pada dinding, sehingga dinding rumah terlihat makin keren dan stylish.

Apa saja fungsi wall panel?

Dulu, wall panel umumnya digunakan sebagai pelapis tembok batu yang membantu insulasi di dalam ruangan. Namun, dengan berkembangnya zaman, fungsi wall panel tidak hanya berkisar pada hal tersebut.

Berikut beberapa fungsi wall panel:

  • Membantu insulasi di dalam rumah.
  • Menambah nilai estetik di dalam atau luar rumah, sehingga bisa menjadi alternatif untuk cat dinding atau wallpaper.
  • Melindungi dinding dari kerusakan akibat pengaruh luar.
  • Membantu menutupi kekurangan di dinding, misalnya lubang atau permukaan dinding yang tidak rata.
  • Membantu menutupi kabel sehingga dinding terlihat bersih dan rapi.
  • Memberi sokongan pada dinding rumah.

Baca Juga: 6 Motif Wallpaper yang Populer Untuk Interior Rumah, Yuk Tengok di Sini!

Kelebihan dan kekurangan wall panel

Sama seperti pelapis dinding lainnya, wall panel juga tidak sempurna. Sebelum memutuskan menggunakan wall panel di rumah, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Berikut kelebihan wall panel:

  • Menambah nilai estetika interior dan eksterior rumah.
  • Dapat meredam suara dan mengatur suhu di dalam ruangan, sehingga Anda tidak perlu khawatir rumah terasa berisik, panas, atau dingin.
  • Dapat membantu menutupi kekurangan di dinding dan menutupi kabel yang berantakan, sehingga penampilan rumah terlihat rapi.
  • Panelnya dapat diganti sesuai selera, sehingga Anda bisa menyesuaikan penampilan wall panel sesuai kebutuhan bila sudah terlihat ketinggalan zaman atau rusak.

Sementara itu, berikut kekurangan wall panel:

  • Beberapa jenis wall panel memiliki lubang atau celah pada sambungannya, sehingga rentan dihinggapi kotoran, debu, atau binatang-binatang kecil yang mengganggu.
  • Memasang wall panel butuh keahlian yang cermat. Jika tidak dipasang dengan benar, wall panel bisa retak atau patah, sehingga mengurangi keindahan dinding.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai wall panel atau panel dinding. Bagaimana, tertarik menggunakannya di rumah Anda?

Selanjutnya: Ide Penggunaan Wallpaper di Ruang Keluarga yang Eyecatching dan Unik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News