HOME, Bugar

Mengenal Vitamin Fat Soluble VS Water Soluble, Yuk Intip Bedanya

Mengenal Vitamin Fat Soluble VS Water Soluble, Yuk Intip Bedanya

MOMSMONEY.ID - Mengkonsumsi vitamin kini menjadi aktifitas wajib yang harus dilakukan di masa pandemi. Dari vitamin yang paling mahal hingga yang mudah terjangkau, tak pernah luput untuk diminum.

Berdasarkan sifat larutnya, vitamin sendiri terbagi menjadi dua tipe. Ada vitamin yang dapat larut bersama dengan lemak dan ada vitamin yang larut bersama air. 

Perlu untuk mengenali tipe vitamin, agar vitamin yang dikonsumsi dapat tercerna dengan baik oleh tubuh. Yuk, kenali vitamin apa saja yang termasuk dalam tipe fat soluble dan water soluble

Baca Juga: Awas, Konsumsi Vitamin C Berlebih Bisa Overdosis loh!

Fat soluble
Vitamin yang termasuk dalam tipe ini adalah vitamin A, D, E, K. Tentunya vitamin-vitamin tersebut berperan penting dan memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh.

Melansir dari healthline, karena berlimpahnya kandungan lemak yang ada di dalam vitamin tipe ini, fat soluble vitamin adalah vitamin yang lebih mudah larut bersama lemak. 

Untuk mengoptimalkan kerja vitamin tipe ini, ada baiknya mengkonsumsi vitamin ini bersama makanan yang mengandung lemak. Bisa juga jika Anda ingin mengkonsumsi vitamin ini tepat setelah makan. 

Baca Juga: Simak Makanan yang Wajib Dikonsumsi untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Penting untuk diingat agar selalu mengkonsumsi vitamin dalam jumlah sewajarnya saja, ya. 

Water soluble
Berlawanan dengan fat soluble, vitamin dengan tipe water soluble lebih mudah larut bersama air. Maka dari itu, ada baiknya jika vitamin tipe ini dikonsumsi saat perut kosong. Mengutip dari healthline, fungsi dari vitamin tipe ini sendiri lebih banyak sebagai pembantu enzim untuk menambah metabolisme tubuh. 

Semua vitamin B dan C adalah jenis vitamin yang termasuk dalam tipe water soluble. Selalu ingat bahwa tubuh Anda tidak menyimpan vitamin tipe water soluble ini. Jadi untuk mendapatkan manfaat lebih optimal dari vitamin tipe ini, Anda perlu mendapatkannya melalui pola makan seimbang. 

Sebagai tambahan jika Anda adalah vegan, untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12, Anda perlu mengkonsumsi suplemen vitamin B12 sebagai pelengkap diet. Karena vitamin B12 hanya dapat ditemukan dalam bahan makanan yang berasal dari hewan. 

Selanjutnya: Vegan vs Vegetarian, Apa Saja Bedanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News