HOME, Santai

Mengenal Teknologi Laptop Hybrid

Mengenal Teknologi Laptop Hybrid

MOMSMONEY.ID - Laptop hybrid adalah perangkat yang dapat digunakan sebagai laptop dan sebagai tablet. Layar pada laptop hybrid memiliki fitur layar sentuh, tapi sistem operasi yang digunakan adalah sistem operasi PC, bukan sistem operasi smartphone.

Laptop hybrid disebut juga sebagai laptop 2-in-1 atau laptop konvertibel. Istilah laptop hybrid merujuk pada laptop 2-in-1 yang keyboard dan layar-nya dapat ditekuk atau bahkan dipisah.

Yang pasti, perangkat ini lebih kuat ketimbang tablet, tetapi juga memiliki fitur yang sama dengan laptop biasa.

Kelebihan Laptop Hybrid

Sebagai bagian dari laptop 2-in-1, laptop hybrid memiliki berbagai fungsi dalam satu perangkat. Namun, ciri utama laptop hybrid adalah dapat secara jelas digunakan sebagai tablet dan dapat secara jelas juga digunakan sebagai laptop.

Berikut ini adalah kelebihan laptop hybrid.  

1. Laptop hybrid memiliki spesifikasi laptop standar, mulai dari RAM, prosesor, sampai sistem operasi. Hal ini membuat laptop hybrid menjadi lebih mumpuni digunakan untuk melakukan pekerjaan di kantor.

2. Fitur tambahan layar sentuh yang pasti ada dalam laptop hybrid menjadikan perangkat ini memiliki fungsional lebih. Beberapa pekerjaan kreatif seperti menggambar, input data kasir, dan lainnya bisa dilakukan.

3. Digabungkannya berbagai fitur ke dalam satu perangkat tentu membuat laptop hybrid menjadi lebih praktis.

Baca Juga: Redmi Book 15 Masih Jadi Laptop yang Paling Cocok untuk Mahasiswa Baru

Pilihan Laptop Hybrid di Indonesia

Ada beberapa produk laptop hybrid yang resmi beredar di Indonesia. Masing-masing memiliki fitur yang diunggulkan. Berikut ini adalah laptop hybrid dengan fitur paling unik.

ThinkPad X1 Fold

Laptop hybrid dari Lenovo ini memiliki layar panjang yang dapat ditekuk. Dengan begitu, setengah bagian dapat difungsikan sebagai layar, sementara setengah layar yang lain dapat digunakan sebagai keyboard.

Apabila setengah layar di bagian bawah ditimpa dengan keyboard, maka secara otomatis ThinkPad X1 Fold akan berfungsi seperti laptop biasa.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Lenovo (@lenovo)

ChromeBook Flip C434

Selain Laptop, ChromeBook juga termasuk ke bagian laptop hybrid. Salah satu ChromeBook untuk siswa yang memiliki kemampuan 2-in-1 adalah ChromeBook Flip C434. Layar 14 inci yang dimiliki oleh perangkat ini mampu ditekuk ke belakang sehingga perangkat dapat difungsikan menyerupai tablet.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ASUS Indonesia (@asusid)

Tentunya masih ada banyak lagi laptop hybrid yang resmi dijual di Indonesia. Sayangnya, kebanyakan produsen laptop hybrid belum berlomba memberikan perangkat dengan harga yang murah.

Selanjutnya: MatePad 11, Tab Rasa Laptop dari Huawe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News