CLOSE [X]
ads

Mengenal Tanaman Hias Daun Aglonema yang Bermanfaat Memurnikan Udara

Sumber: The Spruce
Kamis, 23 Juni 2022 | 14:27 WIB
Mengenal Tanaman Hias Daun Aglonema yang Bermanfaat Memurnikan Udara

ILUSTRASI. Mengenal Tanaman Hias Daun Aglonema yang Bermanfaat Memurnikan Udara


MOMSMONEY.ID - Tanaman hias aglonema atau akrab disebut tanaman hias sri rejeki merupakan salah satu tanaman hias daun yang populer.

Selain di Indonesia, aglonema banyak ditemukan juga di hutan hujan tropis lainnya seperti Thailand dan Malaysia.

Biasanya, tanaman ini umum dijadikan sebagai tanaman hias di teras-teras rumah dan di dalam ruangan untuk penghijauan.

Pemberian nama aglonema berasal dari bahasa Yunani yang menggabungkan kata aglaos (bersinar) dan nema (benang). Ini diambil dari karakteristik benang sari bunganya yang mengilap.

Dilansir dari The Spruce, tanaman aglonema memiliki daun oval besar, sempit, mengilap pada batang yang pendek, dan bunga (pada tanaman yang lebih tua) yang mekar di musim semi atau musim panas.  

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Pupuk Organik Cair Terbaik untuk Tanaman

Tanaman aglonema juga menawarkan berbagai kombinasi warna berupa varietasnya, mulai hijau bercorak putih, merah bercorak hijau, putih, dan warna serupa lainnya dengan motif yang berbeda-beda. Selain itu, tanaman ini memiliki akar serabut dan batangnya tidak berkambium (berkayu).

Sebelumnya disebutkan bahwa tanaman ini berbunga. Saat usianya sudah tua, mereka mungkin akan menumbuhkan berbunga.

Bunganya berada di bawah daun dan tumbuh di tengah-tengah batang daun yang bertumpuk. Bila dilihat, bunga ini memiliki mahkota putih berbentuk kuncup yang menyerupai bentuk tunas.

Akan tetapi, ini tidak berarti apa-apa, beberapa orang bahkan memotong bunganya karena tidak istimewa dan mempertahankan dekorasi tanaman hias daunnya saja.

Kendati demikian, tanaman aglonema ternyata memiliki kekuatan yang istimewa dibanding tanaman hias lainnya.

Aglonema dapat tahan dalam kekeringan sementara karena penyiraman yang tidak rutin, sinar matahari yang buruk, dan perawatan jarang. Namun, mereka akan tumbuh subur dengan kelembapan tanah yang cukup.

Baca Juga: Ini 5 Tips Memelihara Kura-Kura atau Penyu

Aglonema bahkan bermanfaat untuk memurnikan udara dan menyerap zat-zat beracun yang bercampur di udara seperti benzena, karbon monoksida, formaldehida, serta trichloroethylene.

Namun, hati-hati terhadap jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan karena daunnya sangat beracun bila tak sengaja dimakan.

Meski mudah dirawat, aglonema sebaknya tetap mendapat penyiraman dan sesekali sinar matahari.

Pastikan tanah yang digunakan memiliki pengeringan yang baik dan pot yang digunakan sesuai dengan ukuran tanaman serta memiliki drainase yang baik.

Karena merupakan tanaman hias daun, Anda perlu memperhatikan kondisi daun yang bisa terkena kutu daun, bercak daun, dan jamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER