HOME, Keluarga

Mengenal Substrat dan Manfaatnya untuk Akuarium

Mengenal Substrat dan Manfaatnya untuk Akuarium

MOMSMONEY.ID - Anda tentunya ingin memiliki tampilan akuarium hias yang cantik dan menyenangkan untuk selalu dilihat. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menambahkan substrat dan beberapa dekorasi di atasnya. Namun, apakah Anda sudah tahu apa itu substrat?

Dilansir dari The Spruce Pets, substrat akuarium mengacu pada bahan yang digunakan untuk menutupi bagian bawah tangki akuarium. Jadi, kerikil atau bahan lain yang ditempatkan di dasar tangki akuarium ini disebut dengan substrat. Substrat ini tak hanya berperan sebagai dekorasi, tetapi juga memiliki beberapa tujuan untuk habitat yang sehat. Berikut beberapa manfaatnya.

Baca Juga: Dari yang Termurah Hingga Mahal, Ini Ikan Hias Akuarium yang Bisa Hidup Lama

Filtrasi Biologis

Fungsi yang paling penting dari kerikil akuarium atau substrat ini adalah penyaringan biologis untuk bakteri baik. Ini adalah media di mana bakteri menguntungkan berkoloni dan tumbuh. Jika tangki akuarium dibiarkan dengan dasar kosong, air akan perlu diganti lebih sering agar limbang berbahaya tidak menumpuk. Bahkan bila diganti pun, ini tidak cukup untuk mencegah amonia dan nitrit.

Habitat Ikan yang Lebih Alami

Substrat adalah bagian untuk menciptakan habitat ikan yang lebih alami, terutama bagi ikan-ikan yang suka menggali. Ini akan memberikan tempat bersembunyi dan memberikan pengayaan bagi penghuni dasar yang lebih suka mencari makan melalui substrat untuk mendapatkan sedikit makanan.

Keberadaan substrat juga dapat menyediakan rumah yang aman bagi telur ikan. Substrat yang lebih besar memungkinkan telur keluar dari jangkauan ikan lapar yang tidak akan ragu memakan keturunannya. Tambahan lainnya, substrat juga akan membantu mengurangi stres pada ikan karena pantulan di dalam cermin tangki.

Baca Juga: Suka Ikan Hias yang Unik? 5 Jenis Ikan Hias Air Asin Ini Ternyata Langka, lo

Rumah untuk Tanaman Hidup

Substrat dapat menjadi media bagi tanaman hidup untuk berakar dan menarik nutrisi. Ini biasanya diperlukan bagi Anda yang ingin memiliki tanaman air sekaligus di dalam akuarium. Substrat yang tepat dalam tangki dapat memastikan tanaman Anda berakar dengan baik dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Laterit dan vermikulit adalah substrat umum untuk tangki tanam. Ini karena eduanya dapat menyimpan dan melepaskan nutrisi untuk tanaman. Mereka biasanya digunakan dalam kombinasi dengan kerikil.

Meningkatkan Daya Tarik Estetika

Meski Anda tidak dapat mengamati manfaat mikroskopis secara langsung, tetapi Anda dapat melihat daya Tarik estetika akuarium Anda meningkat secara keselurahan. Substrat menghadirkan warna yang menyenangkan dan disesuaikan dengan tema yang Anda inginkan. Substrat juga menyembunyikan limbah dan bahan lain yang tidak akan mengapung di air. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News