HOME, Keluarga

Mengenal Serba-Serbi Kayu Jati yang Populer untuk Furnitur Rumah

Mengenal Serba-Serbi Kayu Jati yang Populer untuk Furnitur Rumah

MOMSMONEY.ID - Dari seluruh jenis kayu yang ada, kayu jati merupakan jenis yang paling banyak digunakan sebagai bahan pembuatan furnitur rumah.

Tidak heran, sebab kayu jati memang memiliki sederet keunggulan dibandingkan jenis kayu lainnya. Misalnya, kayu jati memiliki kualitas tinggi yang membuatnya sangat awet dan tahan air, bahkan tanpa diberi pelapis akhir sekalipun.

Nah, supaya Anda lebih paham soal bahan furnitur yang satu ini, yuk kenali lebih jauh soal karakteristik serta kelebihan dari kayu jati!

Baca Juga: Populer Digunakan, Yuk Kenali Bahan Pelapis Kayu HPL

Karakteristik Kayu Jati

Dilansir dari Bramble Furniture, kayu jati yang asli memiliki beberapa karakteristik dan ciri khas sehingga mudah dikenali, di antaranya:

  • Bunyinya yang berat dan keras ketika diketuk. Kayu jati memiliki suara atau bunyi yang khas yang membuatnya mudah dibedakan dari jenis kayu lainnya.
  • Memiliki permukaan yang tidak mulus jika sudah tua. Beberapa bagian dari kayu jati yang sudah tua bisa terlihat kasar dan tidak mulus, bahkan ketika sudah diamplas. Namun, hal ini justru bisa menjadi ciri khas dari kayu jati.
  • Memiliki ukiran yang unik. Kayu jati memiliki bentuk ukiran yang berbeda dengan kayu lain, sehingga mereka yang sudah familiar dengan kayu jati akan langsung mengenalinya.

Kelebihan Kayu Jati

Nah, kira-kira apa saja kelebihan kayu jati sehingga bahan yang satu ini sangat populer digunakan untuk furnitur rumah?

Dikutip dari Courtina.id, berikut beberapa kelebihan dari kayu jati:

  • Kuat dan tahan lama. Salah satu kelebihan utama kayu jati yang membuatnya unggul dari jenis kayu lain adalah sifatnya yang sangat kuat dan tahan lama, apalagi jika sudah berusia tua. Selain itu, kayu jati tahan terhadap benturan serta tidak mudah pecah atau retak.
  • Tahan terhadap paparan cuaca. Tak hanya tahan terhadap benturan, tapi kayu jati juga tahan terhadap paparan cuaca, rayap, dan asam, sehingga cocok untuk furnitur outdoor. Hal ini disebabkan oleh tekstur dan pori-pori kayu jati yang padat, serta memiliki kandungan minyak alami.
  • Bersifat fleksibel. Walaupun keras dan kuat, kayu jati sebenarnya bersifat fleksibel, sehingga mudah dipotong dan dibentuk. Furnitur kayu jati pun kerap memiliki ukiran cantik yang membuatnya terlihat mewah.
  • Mudah dirawat. Karena bersifat tahan lama dan kuat, maka furnitur berbahan kayu jati tidak memerlukan perawatan khusus. Anda hanya perlu membersihkannya dengan dilap atau disikat secara rutin.
  • Tampilannya yang alami. Kayu jati memiliki serat yang terlihat unik dan menarik, sehingga furnitur kayu jati kerap diberi finishing yang terlihat alami. Jadi, furnitur kayu jati akan terlihat megah dan elegan jika diletakkan di rumah Anda.

Baca Juga: Anda Mau Membeli Furnitur Bekas? Perhatikan Hal-Hal Ini

Kekurangan Kayu Jati

Rasanya kurang pas jika kita membahas kelebihan kayu jati tanpa memperhatikan kekurangannya. Dengan mengetahui apa saja kekurangan dari jenis kayu yang satu ini, Anda dapat mempertimbangkan apakah kayu jati cocok digunakan sebagai bahan furnitur di rumah.

Berikut beberapa kekurangan dari kayu jati:

  • Harganya yang mahal. Di balik semua kualitas yang dimiliki oleh kayu jati, tentu tidak mengherankan jika harganya cukup mahal. Jadi, furnitur kayu jati terkadang bukan merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang memiliki budget terbatas.
  • Persediaan yang langka. Karena permintaannya yang tinggi, kayu jati termasuk jenis kayu yang langka dan sulit ditemukan. Selain itu, kayu jati juga memiliki laju pertumbuhan yang lambat sehingga tidak mudah diproduksi setiap saat.
  • Memiliki bobot yang berat. Furnitur kayu jati memiliki karakteristik yang kuat dan kokoh, sehingga berpengaruh pada bobotnya yang berat. Bobot ini tentu akan menyulitkan Anda jika sering berpindah-pindah hunian.

Nah, itulah serba-serbi kayu jati yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News