HOME, Keluarga

Mengenal Ragam Dekorasi Khas Imlek yang Bisa Mendatangkan Hoki

Mengenal Ragam Dekorasi Khas Imlek yang Bisa Mendatangkan Hoki

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda sudah menyiapkan diri untuk menyambut perayaan Imlek yang akan datang sebentar lagi?

Menjelang Imlek, biasanya orang-orang mempersiapkan diri dengan memasang berbagai dekorasi dan pernak-pernik khas Imlek, seperti lampion merah.

Selain memberikan suasana meriah, ternyata dekorasi-dekorasi yang biasa dijumpai saat Imlek memiliki filosofi tertentu dan dipercaya bisa mendatangkan hoki, lo.

Jadi, dengan memasang dekorasi tersebut, diharapkan keberuntungan akan mendatangi kita di tahun baru.

Baca Juga: Yuk, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Rumput Sintetis untuk Taman Rumah

Ingin tahu apa saja dekorasi yang dimaksud? Dirangkum dari China Highlights dan The Honeycombers, berikut beberapa dekorasi khas Imlek yang dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan di tahun baru.

Lampion Merah

Salah satu benda yang identik dengan perayaan Imlek adalah lentera atau lampion berwarna merah dengan aksen emas. Biasanya, lampion ini digantungkan di pohon-pohon pinggir jalan hingga pintu-pintu rumah.

Dengan menggantungkan lampion merah pada tahun baru Imlek, diharapkan semua kesialan akan tersingkir sehingga hanya ada kebahagiaan dan keberuntungan.

Kuplet Pintu

Kuplet pintu atau door couplet adalah hiasan berupa aksara Cina yang digoreskan dengan tinta hitam di atas kertas merah.

Biasanya, couplet ini berisikan harapan-harapan penghuni rumah untuk tahun baru, hingga puisi-puisi mengenai musim semi.

Kuplet pintu dipasang dengan jumlah genap, biasanya berjumlah sepasang di kanan-kiri pintu. Jumlah genap ini penting, sebab melambangkan keberuntungan di kebudayaan Tiongkok.

Ukiran Kertas

Saat Imlek, orang-orang biasa memasang hiasan berupa kertas berwarna merah yang diukir dan dipotong dengan gambar tertentu. Kertas ini umumnya dipasang di permukaan seperti pintu dan jendela.

Gambar-gambar yang diukir pada kertas ini biasanya berkisar pada gambar hewan atau tumbuhan yang dipercaya mendatangkan keberuntungan, seperti buah persik, delima, pinus, jeruk, hingga shio tertentu. Setiap gambar mewakili harapan atau doa yang berbeda-beda.

Baca Juga: Hadirkan Energi Segar dan Positif, Ini Tips Menata Kamar Mandi ala Feng Shui

Lukisan Tahun Baru

Selain kuplet pintu, salah satu hiasan yang biasanya dipasang di pintu dan dinding saat Imlek adalah lukisan khas tahun baru.

Lukisan yang dipasang tersebut tentunya tidak boleh sembarangan. Selain bersifat dekoratif, lukisan ini hadir sebagai lambang untuk menyambut tahun baru dan umumnya bergambar tokoh-tokoh legendaris dan tanaman.

Karakter Fu Terbalik

Ada satu lagi hiasan atau dekorasi yang dapat dijumpai di pintu rumah saat Imlek, yaitu karakter fu terbalik.

Lazimnya pula, karakter fu ini digoreskan di kertas berbentuk persegi yang diputar 45 derajat, sehingga berbentuk seperti belah ketupat.

Pertanyaannya, mengapa karakter fu tersebut dipasang terbalik? Sebab, karakter fu berarti keberuntungan.

Jadi, dengan memasang karakter tersebut secara terbalik, berarti penghuni rumah mengharapkan keberuntungan yang mengalir keluar.

Baca Juga: Yuk, Kenali Beragam Jenis Sofa untuk Interior Rumah Anda!

Pohon Kumquat

Kumquat adalah sejenis buah sitrus atau jeruk berukuran kecil. Kata “kumquat” dalam bahasa Kanton memiliki huruf yang sama dengan kata “emas”, dan memiliki pengucapan yang mirip dengan kata “keberuntungan”.

Jadi, pohon kumquat melambangkan harapan untuk kekayaan dan keberuntungan, sehingga banyak digunakan sebagai dekorasi pada perayaan Imlek.

Bunga Mekar

Imlek biasanya bertepatan dengan awal musim semi. Jadi, tak heran bila banyak pemilik rumah menggunakan bunga-bunga yang bermekaran sebagai dekorasi Imlek.

Selain melambangkan kedatangan musim semi, bunga yang mekar juga melambangkan harapan akan tahun baru yang penuh keberuntungan.

Nah, bunga-bunga yang digunakan untuk dekorasi Imlek umumnya adalah bunga plum, anggrek, peony, dan persik.

Itulah beberapa barang dekorasi khas Imlek yang dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan di tahun baru. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News