HOME, Bugar

Mengenal Polyphagia, Tanda Awal dari Penyakit Tertentu

Mengenal Polyphagia, Tanda Awal dari Penyakit Tertentu

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda merasa nafsu makanmu begitu meningkat? Atau Anda terus menerus merasa lapar? Bisa jadi Anda memiliki 1 dari 3 gejala utama diabetes.

Dirangkum melalui Diabetes.co.uk, simplyhealth.today, dan healthline, Polyphagia adalah meningkatnya nafsu makan atau rasa lapar berlebih.

Meningkatnya nafsu makan wajar terjadi apabila dibarengi dengan aktivitas fisik berlebih, seperti melakukan olahraga atau mengerjakan hal-hal lain secara intensif dan dalam jangka waktu lama.

Namun, yang tidak wajar adalah ketika Anda mengalami rasa lapar berlebih yang tak juga hilang meski Anda telah makan banyak dan tidak melakukan aktivitas fisik apapun, inilah yang perlu diwaspadai. Bisa jadi ini menandakan bahwa terdapat masalah di dalam tubuh.

Terdapat beberapa tanda penyebab munculnya polyphagia ini, di antaranya:

Stres

Dikutip MomsMoney dari Healthline, stres membawa hormon kortisol yang dilepaskan oleh tubuh. Hormon kortisol ini memicu terjadinya rasa lapar pada tubuh Anda.

Saat mengalami stres, secara tak sadar tubuh mengeluarkan rasa lapar yang ekstrem sebagai respons emosional. Mungkin juga Anda mencoba untuk mengatasi rasa stress tersebut dengan makan yang banyak.

Masalah yang akan terjadi ialah ketika tubuh yang telah menampung banyak makanan tidak diolah dengan aktivitas fisik yang seimbang. Maka yang akan terjadi adalah insulin akan membanjiri aliran darah untuk menghilangkan glukosa ekstra dari dalam darah tersebut.

Hal tersebut menimbulkan seseorang mengalami gula darah rendah sehingga orang tersebut akan kelaparan.

Baca Juga: Ibu Hamil, Inilah Makanan yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Nutrisimu

Diet

Diet yang tidak sehat adalah diet yang dilakukan dengan mengonsumsi berbagai nutrisi yang tak seimbang. Diet tersebut hanya fokus pada pengurangan karbohidrat & lemak.

Imbasnya, tubuh akan merespon dengan rasa lapar yang berlebih bahkan setelah makan. Hal ini disebabkan makanan-makanan tak sehat itu kurang mengandung nutrisi yang cukup sepeerti protein dan serat.

Berikut beberapa gejala yang ditimbulkan akibat diet yang tidak sehat:

  • Diet yo-yo atau mengalami efek kenaikan berat badan yang lebih banyak setelah berhasil turun sebelumnya.
  • Mengalami keletihan dan lemas
  • Kerontokan rambut
  • Gusi berdarah
  • Pusing
  • Tidak bisa fokus dan berkonsentrasi

Hipertiroid

Hipertiroid adalah suatu kondisi dimana tiroid bekerja terlalu cepat dan aktif.

Kelenjar tiroid ini bertugas dalam melepaskan hormon T3 & T4. Hormon-hormon tersebut diperlukan untuk mengatur metabolisme tubuh dan sintesis protein, sehingga nafsu makan bisa meningkat.

Selain meningkatnya nafsu makan, gejala-gejala lain dari penyait ini adalah berupa:

  • Keringat berlebih
  • Penurunan berat badan
  • Sulit tidur
  • Rambut rontok berlebih

Anda bisa mengatasinya dengan melakukan konsultasi bersama petugas medis. Pengobatannya sedikit sulit, namun tetap bisa dilakukan dengan metode yodium radioaktif.

Baca Juga: Mengenal Osmophobia, Fobia Terhadap Bau Tertentu

Sayangnya, pengobatan ini memiliki efek samping yakni bisa menimbulkan hipotiroid yang mana kebalikan dari hipertiroid.

Maka dari itu, untuk pencegahan pertama jika Anda mengalami rasa lapar berlebih, segera periksakan tiroid Anda ke dokter.

Diabetes

Salah satu tanda diabetes adalah munculnya nafsu makan berlebih.

Normalnya, makanan diproses dalam tubuh menjadi glukosa. Lalu muncullah hormon insulin yang kegunaannya  mengambil glukosa dari aliran darah menuju sel. Glukosa inilah yang berfungsi dalam pengelolaan energi.

Namun, jika anda mengidap penyakit diabetes, tubuh tidak akan memproduksi insulin (tipe 1) atau tidak menggunakan insulin dengan benar (tipe 2). Hal tersebut menyebabkan glukosa berada pada aliran darah begitu lama daripada ke sel-sel tubuh.

Singkatnya, sel-sel dalam tubuh mengirim informasi kepada otak agar mendapatkan glukosa yang sebenarnya masih ada di dalam aliran darah tubuh. Akibantnya, tubuh akan merasa lapar dan anda akan makan berlebihan.

Terdapat gejala lain diabetes selain terlalu banyak makan, di antaranya:

  • Meras haus berlebih
  • Sering buang air kecil
  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang pasti
  • Pandangan kabur
  • Penyembuhan luka berjalan lambat

Pramenstrual Syndrome (PMS)

Wajar terjadi rasa lapar berlebih saat anda sedang menstruasi.

Lonjakan hormon estrogen & progesterone serta penurunan serotonin menyebabkan anda ingin mengonsumsi banyak makanan.

Pada intinya, polyphagia adalah rasa lapar berlebih yang bahkan tidak hilang bahkan meski Anda telah makan secara teratur.

Polyphagia yang anda alami mungkin saja disebabkan oleh rasa stress yang tidak anda sadari. Namun perlu diingat, bahwa polyphagia bisa jadi suatu tanda dari penyakit serius.

Jika anda sudah merasa ada yang tidak beres dalam tubuh, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter agar mendapat jawaban yang pasti.

Selanjutnya: Efek Samping yang Wajar Terjadi Setelah Dilakukannya Vaksinasi Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News