ads

Mengenal Plus dan Minus Rumah 1 Lantai, Apa Saja?

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 26 Juni 2022 | 11:30 WIB
Mengenal Plus dan Minus Rumah 1 Lantai, Apa Saja?


MOMSMONEY.ID - Dari berbagai opsi rumah yang ada di pasaran, salah satu pilihan yang kerap diperdebatkan adalah rumah dengan 1 lantai dan 2 lantai. Keduanya merupakan jenis rumah yang lazim dipilih dan banyak ditemui di Indonesia.

Bila dibandingkan, rumah dengan 1 lantai cenderung lebih populer daripada rumah 2 lantai karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Namun, rumah jenis ini juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan.

Nah, kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan rumah dengan 1 lantai? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: 5 Ide Penggunaan Keramik Bermotif Pada Interior, Rumah Tampak Hidup

Kelebihan Rumah 1 Lantai

Mudah dirawat

Mengutip penjelasan dari laman Realtor.com, rumah dengan 1 lantai menawarkan kemudahan dalam hal perawatan karena Anda tidak perlu naik-turun tangga setiap kali membersihkan seisi rumah.

Selain itu, membersihkan bagian luar rumah (misalnya jendela dan tembok rumah) juga lebih mudah karena tidak perlu naik tangga untuk menjangkau bagian-bagian tertentu.

Mudah didesain dan dibangun

Berbicara soal desain dan pembangunan, rumah 1 lantai cenderung lebih mudah didesain dan dibangun dibandingkan dengan rumah 2 lantai.

Pasalnya, rumah 1 lantai tidak memerlukan banyak komponen layaknya rumah 2 lantai. Selain itu, rumah 2 lantai umumnya memerlukan fondasi yang lebih dalam dan struktur yang kokoh karena akan menopang beban yang lebih berat dibandingkan rumah 1 lantai.

Aman untuk anak dan lansia

Jika Anda tinggal bersama anak kecil atau lansia, rumah dengan 1 lantai dapat menjadi pilihan yang tepat.

Mengapa? Sebab, dengan tinggal di rumah dengan 1 lantai, risiko jatuh dan terluka dari tangga akan diminimalisir. Selain itu, jika ada keadaan darurat (misalnya gempa atau kebakaran), penghuni rumah tidak harus berlari menuruni tangga untuk menyelamatkan diri ke luar rumah.

Baca Juga: Mudah! Ini 4 Tips Membersihkan dan Merawat Dinding Rumah

Kekurangan Rumah 1 Lantai

Kurang privasi

Salah satu kekurangan dari rumah 1 lantai yang cukup kentara adalah kurangnya privasi bagi penghuni rumah.

Contohnya, ketika ada orang lain yang bertamu ke rumah, penghuni rumah lainnya yang tidak sedang menerima tamu dapat merasa terganggu tanpa bisa menyingkir ke area yang lebih pribadi. Selain itu, orang di luar rumah juga bisa melihat ke dalam rumah dengan mudah.

Baca Juga: Ketahui Berbagai Manfaat Punya Taman di Rumah, Bisa Bikin Sehat Loh!

Memakan lahan

Jika Anda ingin memperluas rumah tanpa menambah lantai ke atas, satu-satunya cara yang bisa ditempuh adalah melebarkan rumah ke samping atau belakang.

Artinya, rumah dengan 1 lantai biasanya akan memakan lahan yang lebih banyak dibandingkan rumah dengan 2 lantai. Jadi, rumah dengan 1 lantai berisiko memiliki area outdoor yang lebih kecil.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari rumah 1 lantai yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TOPIK TERPOPULER