HOME, Santai

Mengenal Olahraga Yoga, Manfaat dan Jenisnya

Mengenal Olahraga Yoga, Manfaat dan Jenisnya

MOMSMONEY.ID - Olahraga Yoga merupakan olahraga yang mulai banyak diminati banyak orang. Olahraga ini dinikmati baik kalangan selebriti maupun non selebriti.

Melansir dari laman Medical News Today, yoga merupakan olahraga yang menggunakan kesiembangan tubuh dan pikiran. 

Baca Juga: Banyak Manfaat! Ini Alasan Penting Mengapa Harus Mulai Olahraga Saat Hamil

Olahraga ini merupakan olahraga yang telah lama ada di India dan sekarang berkembang ke seluruh dunia. Yoga telah ada di India sejak 5.000 tahun yang lalu. 

Yoga bukan hanya olahraga yang melakukan meditasi, banyak gerakan yoga yang tentunya juga bisa membuat keringat keluar tak main-main. Dengan rutin melakukan olahraga, manfaat bagi tubuh dan pikiran juga bisa diperoleh.

Selain itu, laman Everyday Health juga menyebutkan bahwa yoga memiliki manfaat yang bisa membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, keseimbangan, dan stabilitas badan dan pikiran.

Dengan berlatih yoga secara rutin, kegiatan meditasi yang menjadi gerakan rutin pada olahraga ini bisa membantu untuk menjaga kesehatan jantung dan pikiran. 

Di samping itu, manfaat lain seperti membantu menambah massa otot dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh juga merupakan manfaat dari yoga.

Baca Juga: Ide Tatanan Home Gym Minimalis, Olahraga di Rumah Semakin Seru!

Olahraga yoga juga merupakan olahraga yang memiliki banyak cabang olahraga. Seperti Hatha Yoga, Raja Yoga, Karma Yoga, Bhakti Yoga, Jnana Yoga, dan Tantra Yoga.

Yoga modern atau yoga masa kini lebih memusatkan gerakan dan filosofinya pada latihan, kekuatan, kelincahan, dan pernafasan yang membantu meningkatkan kondisi fisik dan kesehatan mental.

Menurut jenisnya, olahraga yoga juga memiliki beberapa jenis yang bisa dijadikan pilihan untuk melakukan olahraga yoga.

Beberapa jenis yoga yang terkenal dan memiliki banyak pengikut adalah Ashtanga yoga, Bikram yoga, Hatha yoga, dan Iyengar yoga.

Olahraga yoga bisa menjadi pilihan olahraga bagi orang yang memiliki keinginan untuk memiliki hidup seimbang antara aktif berolahraga dan juga keseimbangan kesehatan mental. 

Selanjutnya: Manfaatkan Air Rebusan Pare untuk Mengontrol Gula Darah Anda, Caranya Mudah Sekali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News