CLOSE [X]
ads

Mengenal Obat Oseltamivir Serta Efek Sampingnya

Reporter: Raissa Yulianti
Jumat, 16 Juli 2021 | 09:16 WIB
Mengenal Obat Oseltamivir Serta Efek Sampingnya

ILUSTRASI. Obat Oseltamivir yang bisa dibeli di apotek. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.)


MOMSMONEY.ID - Akhir-akhir ini sering kita dengar mengenai salah satu obat yang dipakai untuk menangani gejala pada pasien Covid-19. Obat tersebut bernama Oseltamivir.

Adakah di antara anda yang sedang mengonsumsi obat ini atau bahkan berjaga-jaga menyetok supaya tidak kehabisan? Sebaiknya anda perlu mengenal apa itu Oseltamivir.

Oseltamivir dikenal dengan nama merek dagang Tamiflu. Mengutip dari Drugs.com, Oseltamivir adalah obat antivirus yang menghalangi tindakan virus influenza tipe A dan B dalam tubuh. Biasanya digunakan untuk mengobati influenza yang punya gejala flu selama 2 hari atau kurang.

Oseltamivir ini juga bisa diberikan untuk mencegah influenza pada orang yang sudah terpapar tapi belum bergejala.

Baca Juga: Pulihkan Kesehatan Mental dengan Terapi Musik, Yuk!

MomsMoney mengutip dari Medline Plus, dikatakan bahwa obat ini termasuk ke dalam golongan neuraminidase inhibitors. Oseltamivir ini bekerja dengan cara menghentikan penyebaran virus flu dalam tubuh dan berbagai gejalanya secara singkat.

Sama seperti obat flu kebanyakan, oseltamivir ini menurut WebMD berbentuk tablet/kapsul. Obat ini juga dapat bekerja secara maksimal jika dikonsumsi pada interval waktu yang sama sesuai resep dan anjuran dari dokter.

Oseltamivir bukan obat flu biasa. Oleh karenanya, jangan sampai anda sembarangan mengonsumsi obat ini tanpa resep dari dokter. Ini disebabkan oseltamivir memiliki efek samping umum yang dikutip dari RxList, seperti:

  • Mual
  • Muntah
  • Sakit kepala
  • Sakit dibeberapa bagian tubuh

Efek samping tersebut adalah ciri umum yang biasanya dirasakan oleh pasien setelah mengonsumsi obat Oseltamivir ini. Jika anda cukup terganggu dengan beberapa efek samping di atas, anda bisa mengonsultasikannya kepada dokter.

Baca Juga: Ini Cara Menjaga Kesehatan Hewan Peliharaan Saat Pandemi

Namun anda perlu berhati-hati jika merasakan gejala lanjutan seperti berikut ini:

  • Linglung
  • Gemetar
  • Berhalusinasi
  • Perilaku yang tidak biasa

Efek samping lanjutan ini adalah yang perlu diwaspadai oleh anda. Segera konsultasi kepada dokter jika ada salah satu efek di atas yang terjadi pada tubuh anda. Ini karena efek samping di atas adalah versi efek samping yang lebih serius akibat dari pengonsumsian Oseltamivir.

Oseltamivir ini tidak bisa menyembuhkan flu biasa. Hal ini disebabkan karena oseltamivir adalah obat yang biasanya khusus dipakai untuk mengobati & mencegah virus flu burung serta virus influenza tipe A (H1N1).

Perlu diketahui bahwa jika anda sudah mengonsumsi Oseltamivir, anda tidak boleh menghentikan penggunaannya secara tiba-tiba. Hal ini dapat mengakibatkan berkembangnya virus dalam tubuh yang semakin agresif dan tak terkendali. Untuk itu, ikuti saran dari dokter dengan meminum obat ini sampai habis.

Jangan coba-coba mengonsumsi obat ini tanpa pengawasan dari dokter.

Selanjutnya: Rekomendasi Slow Cooker untuk menjaga Nutrisi Makanan Anak

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru