HOME, Bugar

Mengenal Menstrual Cup, Alat Menstruasi Ramah Lingkungan

Mengenal Menstrual Cup, Alat Menstruasi Ramah Lingkungan

MOMSMONEY.ID - Menstrual Cup merupakan alat menstruasi yang terbuat dari bahan silikon atau plastik. Disebut juga sebagai cangkir menstruasi, menstrual cup berfungsi untuk menampung darah menstruasi.

Perbedaan signifikan antara menstrual cup dengan pembalut biasa terletak pada cara penggunaannya. Jika pembalut digunakan di luar vagina, maka menstrual cup kebalikannya. Cenderung ekstrem, menstrual cup harus dimasukkan terlebih dulu ke dalam vagina agar dapat berfungsi.

Menstrual Cup memiliki bentuk serupa cangkir dengan tangkai di bagian bawahnya. Tangkai tersebut berguna untuk memegang dan mengambil menstrual cup dari dalam vagina. Antibocor, menstrual cup dapat digunakan hingga 12 jam tergantung seberapa deras darah yang keluar.

Baca Juga: Perempuan Wajib Tahu! Makanan yang Harus Dihindari saat Menstruasi

Meskipun begitu, Menstrual Cup paling tidak harus diganti sebanyak dua kali sehari.

Melansir Healthline, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan menstrual cup. Umur, ukuran serviks, tingkat kederasan darah, elastisitas dan kapasitas Menstrual Cup harus diperhatikan. Kekuatan otot dasar panggul pelvic dan riwayat melahirkan normal pun menjadi pertimbangan.

Sama seperti pembalut, menstrual cup pun memiliki variasi ukuran. Ukuran kecil tepat digunakan untuk wanita di bawah 30 tahun dan belum pernah melahirkan. Wanita di atas 30 tahun dan sudah pernah melahirkan bisa menggunakan ukuran yang besar.

Menstrual cup bersifat reusable sehingga bisa dicuci dan digunakan kembali. Karena terbuat dari silikon, Menstrual cup tergolong awet. Alat ini memiliki daya tahan 6 bulan hingga 10 tahun.

Kelebihan menstrual cup

  • Awet
  • Aman dan Tidak Mudah Bocor
  • Daya Tampung Tinggi
  • Ramah Lingkungan

Kekurangan menstrual cup

  • Berantakan Ketika Dikeluarkan
  • Sulit Dimasukkan ke Vagina
  • Dapat Menyebabkan Alergi
  • Dapat Membuat Vagina Iritasi

Satu buah menstrual cup dijual dengan harga kisaran puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan. Meski terkesan mahal, namun dilihat dari keawetannya menjadikan alat ini sebenarnya ekonomis.

Nah, setelah mengetahui fakta-fakta menstrual cup di atas, apakah Moms tertarik untuk mencobanya? Pastikan untuk mempertimbangkan secara matang sebelum menggunakannya ya Moms.

Selanjutnya: Perut Sebelah Kiri Sakit? Waspadai Gejala Kista Ovarium

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News