HOME, Keluarga

Mengenal Lerak, Alternatif Sabun Cuci dan Deterjen yang Ramah Lingkungan

Mengenal Lerak, Alternatif Sabun Cuci dan Deterjen yang Ramah Lingkungan

MOMSMONEY.ID - Deterjen dan sabun cuci merupakan salah satu produk rumah tangga yang wajib ada di rumah. Fungsinya jelas, yaitu untuk membersihkan barang-barang seperti pakaian, sepatu, piring, gelas, dan lain-lain.

Menggunakan deterjen dan sabun cuci buatan pabrik memang mudah dan nyaman. Namun, tahukah Anda jika deterjen dan sabun cuci ternyata dapat berdampak buruk pada diri sendiri dan lingkungan?

Dikutip dari laman kindlaundry.com, kandungan kimia dalam deterjen dan sabun cuci dapat menyebabkan beragam permasalahan kulit seperti iritasi, eksim, hingga kulit pecah-pecah. Selain itu, kandungan kimia tersebut juga dapat mencemari lingkungan.

Oleh karena itu, Anda bisa mulai mencoba menggunakan alternatif deterjen yang lebih ramah lingkungan dan alami, contohnya lerak atau soapnut.

Nah, bagaimana cara menggunakan lerak sebagai pengganti deterjen dan sabun cuci? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Mengenal lerak

Melansir laman Green Matters, lerak atau soap nuts adalah jenis pohon yang banyak tumbuh di negara dengan iklim hangat, misalnya Nepal, India, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, pohon lerak banyak ditemukan di Pulau Jawa.

Baca Juga: Minim Sampah, Ini 5 Ide Memanfaatkan Sisa Kulit Jeruk dan Lemon di Rumah

Biji buah lerak mengandung saponin, yaitu getah yang memiliki sifat seperti surfaktan, sehingga dapat berbusa ketika direbus atau diperas. Karena sifatnya tersebut, buah lerak pun dapat digunakan sebagai deterjen dan sabun cuci alami.

Manfaat lerak

Karena tergolong bahan alami, sabun berbahan lerak tentu saja memiliki banyak kelebihan dan manfaat dibandingkan sabun konvensional.

Mengutip Earthbits, sabun lerak dapat digunakan sebagai deterjen pakaian, sabun cuci piring, pengusir serangga, pembersih lantai, dan lain-lain. Jadi, lerak bersifat serbaguna sehingga Anda tak perlu membeli banyak produk untuk keperluan yang berbeda.

Sementara itu, bila dibandingkan dengan sabun konvensional, sabun lerak tidak akan merusak kain pada pakaian karena sifatnya yang halus. Tak hanya itu, air rebusannya bisa dibuang tanpa mencemari lingkungan dan sisa buahnya bisa dikomposkan.

Jika Anda memiliki masalah kulit seperti eczema, psioriasis, alergi, hingga kulit kering, sabun lerak bisa menjadi pilihan sabun cuci yang tepat karena minim risiko iritasi kulit.

Baca Juga: Promo Informa Juni 2022 Spesial Furnitur Kerja, Beli 1 Gratis 1

Cara menggunakan lerak

Bagaimana caranya menggunakan lerak sebagai pengganti deterjen? Dikutip dari laman Sustaination, berikut langkah-langkahnya:

  • Rendam 20 buah lerak di dalam 1-2 liter air selama 2 malam hingga lunak.
  • Pencet buah lerak sehingga mengeluarkan getah saponin.
  • Rebus dengan kulit jeruk, lemon, atau jeruk nipis dengan api kecil selama 60 menit. Tambahkan air di panci jika berkurang.
  • Supaya awet, tambahkan 2 sendok makan garam setiap 1 liter lerak. Garam akan berfungsi sebagai pengawet alami.

Sebagai catatan, buah lerak bisa dikeringkan dan kembali direbus hingga kandungan saponin-nya habis. Jika sudah habis, buah lerak bisa dikomposkan.

Nah, itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui soal buah lerak sebagai pengganti deterjen. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News