HOME, Keluarga

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum, Apakah Cocok untuk Rumah Anda?

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum, Apakah Cocok untuk Rumah Anda?

MOMSMONEY.ID - Ketika akan membeli atau membangun rumah, Anda akan melihat berbagai pilihan bahan untuk plafon atau langit-langit rumah.

Di antara berbagai bahan yang biasanya digunakan untuk plafon suatu rumah, mungkin Anda pernah mendengar atau melihat plafon rumah berbahan gypsum.

Dikutip dari Britannica, gypsum adalah sejenis mineral yang kaya akan kalsium. Bahan ini banyak digunakan untuk material bangunan seperti plafon karena memiliki banyak kelebihan. Namun, gypsum juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

Nah, jika Anda ingin menggunakan gypsum sebagai bahan plafon rumah, sebaiknya pahami dulu kelebihan dan kekurangannya. Dirangkum dari laman Gharpedia dan All Dry US, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 6 Tips Menciptakan Suasana ala Spa di Kamar Mandi Rumah

Kelebihan Plafon Gypsum

Fleksibel

Gypsum dikenal sebagai bahan yang fleksibel. Artinya, banyak elemen arsitektur yang bisa dibuat menggunakan gypsum, sehingga pada dasarnya tidak hanya berfungsi sebagai bahan plafon saja. Anada pun bisa menggunakan gypsum sebagai bahan dinding.

Mudah dipasang

Selain fleksibel, gypsum juga cukup mudah dipasang karena mudah dipotong dan bobotnya yang ringan. Tidak hanya itu, karena tidak membutuhkan banyak alat dan pekerja untuk memasang plafon gypsum, Anda pun bisa lebih menghemat pengeluaran untuk membeli, menyewa, atau membayar tukang.

Tahan api

Gypsum memiliki sifat yang tahan api, karena bahan ini mengandung kadar air sekitar 21%. Hasilnya, ketika mengalami panas yang tinggi, gypsum akan mengeluarkan uap alih-alih terbakar. Oleh karena itu, plafon gypsum bisa digunakan pada ruangan yang membutuhkan ketahanan terhadap suhu panas dan api.

Kedap suara

Plafon gypsum bisa dimanfaatkan untuk membuat ruangan yang kedap suara. Pasalnya, bahan ini dapat mengontrol dan meredam pergerakan suara di suatu ruangan, sehingga akan membantu mengurangi kebisingan yang ada di rumah.

Tahan lama

Jika dipasang dan dirawat dengan benar, plafon berbahan gypsum bisa bertahan lama karena sifatnya yang cenderung stabil. Jadi, gypsum bisa menjadi pilihan bahan plafon yang tepat untuk rumah Anda.

Baca Juga: Kelebihan Kamar Mandi di dalam Kamar Tidur, Salah Satunya Menjaga Privasi!

Kekurangan Plafon Gypsum

Tidak tahan air

Walaupun tergolong tahan api dan stabil, nyatanya plafon gypsum termasuk bahan yang tidak tahan terhadap paparan air dan kelembapan yang konstan karena rentan lapuk dan berjamur. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan plafon gypsum pada area yang lembap seperti kamar mandi.

Baca Juga: Simak, Ini 5 Tips Membuat Kamar Tidur yang Aman untuk Anak

Mudah retak

Pada dasarnya, gypsum tidak didesain untuk dipasang pada permukaan yang melengkung karena bahan ini mudah retak. Selain itu, jika terkena benturan keras, plafon gypsum bisa penyok sehingga mengurangi tampilannya.

Sulit didaur ulang

Jika Anda peduli terhadap isu-isu lingkungan dan sustainability, plafon berbahan gypsum mungkin bukan pilihan yang tepat untuk digunakan di rumah. Sebab, bahan ini terkenal sulit didaur ulang dan biasanya akan berakhir di tempat pembuangan akhir jika sudah tidak digunakan lagi.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari plafon gypsum yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News