HOME, Keluarga

Mengenal Karakteristik Rumah ala Maroko yang Eksotis dan Elegan

Mengenal Karakteristik Rumah ala Maroko yang Eksotis dan Elegan

MOMSMONEY.ID - Mungkin Anda selama ini mengenal gaya rumah ala Eropa yang klasik atau rumah ala Bali yang tropikal. Nah, pernahkah Anda mendengar soal rumah gaya Maroko?

Maroko adalah negara yang terletak di Afrika utara, dan berbatasan dengan Spanyol serta Portugal. Dilansir dari The Spruce, gaya arsitektur dan dekorasi rumah ala Maroko banyak terpengaruh oleh kebudayaan Mediterania, Afrika, Persia, dan Islam.

Oleh karena itu, gaya Maroko sangat cocok untuk Anda yang ingin menghadirkan nuansa Islami yang eksotis ke dalam rumah.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan gaya ini, tentu Anda perlu tahu apa saja karakteristik atau ciri khas dari rumah bergaya Maroko. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: Karakteristik Rumah Gaya Eropa, Klasik dan Memanjakan Mata

Warna-warna cerah

Rumah bergaya Maroko identik dengan warna-warna yang cerah dan berani, seperti fuschia, biru, ungu, merah, dan terakota. Sebagai penyeimbang, ada warna netral yang menyerupai warna gurun pasir, misalnya taupe, beige, dan putih.

Furnitur mewah dan rendah

Furnitur dengan desain yang mewah menjadi ciri khas gaya Maroko. Biasanya, furnitur-furnitur ini juga memiliki sentuhan metalik yang membuatnya terkesan mewah. Furnitur bergaya Maroko juga memiliki ketinggian yang rendah supaya penggunanya bisa menjejak lantai atau lesehan dengan mudah.

Tekstil yang detail

Rumah bergaya Maroko juga banyak menggunakan kain atau tekstil dengan warna bold, pola atau corak yang detail, serta tekstur yang beragam. Kain-kain ini biasanya hadir dalam bentuk sofa, karpet, tirai, maupun sarung bantal.

Aksesoris yang cantik

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ann Dennis (@annmdennis)

Aksesoris dengan detail yang terlihat mewah dan cantik banyak digunakan pada rumah bergaya Maroko. Salah satunya adalah lampu lentera khas Maroko, yang terbuat dari metal seperti tembaga dan kuningan, serta kaca berwarna yang membuat interior rumah terlihat hangat.

Baca Juga: Rekomendasi Toko Cermin Aesthetic, Bisa untuk Dekorasi Rumah

Keramik yang artistik

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Art Naji (@artnaji)

Karena terinspirasi dari gaya arsitektur Islam, rumah bergaya Maroko banyak menggunakan pola bunga, tumbuhan, dan geometri. Pola ini biasanya dimunculkan dalam keramik mozaik bernama zallij. Selain menggunakan pola-pola yang disebutkan sebelumnya, zallij juga menggunakan warna-warna cerah yang berkilauan sehingga terlihat artistik.

Halaman dalam yang sejuk

Rumah bergaya Maroko memiliki ciri khas berupa halaman atau ruang terbuka yang ada di bagian tengah rumah yang disebut riad. Biasanya, riad memiliki fitur-fitur seperti air mancur, kolam, dan tanaman lebat. Dengan riad, rumah akan terasa sejuk dan memiliki privasi.

Wangi rempah

Salah satu karakteristik yang unik dari rumah bergaya Maroko adalah keberadaan wangi rempah yang hangat, seperti kayu manis, cengkeh, jahe, pala, dan lain-lain. Selain itu, wangi yang manis dan musky seperti cendana dan melati juga kerap muncul. Wangi ini bisa dimunculkan lewat pengharum ruangan, misalnya lilin aromaterapi atau diffuser.

Itulah beberapa karakteristik atau elemen dari rumah bergaya Maroko. Bagaimana, tertarik mencoba gaya ini di rumah Anda?

Selanjutnya: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Kompor Listrik dan Kompor Induksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News